[Komik-Review] Princess of Ayakashi by Nashizuki Uta

2/22/2016


Blurb______

“Ayakashi-para makhluk gaib itu muncul dari balik bayang-bayang manusia di ibu kota, Tokyo.”
Seorang putri bangsawan dan pengawalnya, mereka berdua harus menghadapi Ayakashi yang terpojok oleh derasnya arus budaya barat yang memasuki Jepang dan mulai berbuat onar…
Putri bangsawan itu bernama Hana.

Sejak kecil, ia sudah bisa melihat Ayakashi dan para makhluk gaib itu cenderung tertarik  padanya. Pengawalnya bernama Toranosuke, pemuda yang juga bisa melihat Ayakashi dan selalu melindungi Hana dari keisengan para Ayakashi.

Hinga suatu hari, Toranosuke pergi untuk belajar di sekolah militer. Pertemuan kembali Hana dan Tora setelah sekian tahun berpisah, mulai menumbuhkan bibit cinta di antara keduanya. Tapi cinta itu terhalang oleh misi yang diemban Toranosuke untuk memusnahkan Ayakashi, sementara Hana yang berhati lembut tak tega jika para Ayakashi dibasmi tanpa pandang bulu…

Judul : Princess of Ayakashi/Ojosama no Ayakashi Yugi
Author : Nashizuki Uta
Alih Bahasa : Andithy Crista
Penerbit : Gramedia Pustaka (m&c  comic)
Cetakan : Tahun 2015
ISBN : 978-602-3394-64-7

Review______

“Supaya dapat bertahan dengan tubuh ini. Aku harus mengisap darah gadis muda.”

Novel ini mengisahkan tentang makhluk gaib yang dijuluki Ayakashi. Ayakashi sudah ada sejak jaman dulu hingga jaman edo. Eksistensi Ayakashi tetap ada, mereka mengisap darah gadis muda. Ayakashi bisa berbentuk wujud menjadi apa saja; manusia, hewan, tumbuhan bahkan benda mati. Karena kemampuan bertahan mereka ada batasnya, agar tetap bisa bertahan mereka akan meminum darah segar gadis muda. Oleh karenanya kehadiran Ayakashi hanyalah bencana besar bagi manusia.

Seorang putri bangsawan Toujou dari Klan Tua Kashiba dapat melihat keberadaan Ayakashi. Hana pun sering dikerjain oleh para Ayakashi. Seorang pemuda bernama Toranosuke yang akrab dipanggil Tora ditugaskan untuk menjaga Hana. Keluarga Tora dari dulunya adalah pengikut keluarga Toujou. Tora pun dapat melihat Ayakashi. Namun, Tora harus mengikut sekolah militer. Setelah 3 tahun berlalu Tora menyandang gelar Shousa-pangkat perwira menengah/mayor.

Sayangnya Hana tidak suka dengan pekerjaan Tora yang ternyata kembalinya dia untuk membunuh para Ayakashi. Hana cewek yang tomboy, namun hatinya sangat lembut. Dia tahu tidak semua Ayakashi jahat. Hanya saja cara Ayakashi untuk bertahan hidup melanggar aturan manusia yaitu membunuh gadis muda lalu mengisap darahnya. Kelembutan hati Hana membuat para Ayakashi tertarik padanya. Hana pun harus menyaksian sendiri saat teman baiknya yang ternyata jelmaan Ayakashi dan telah membuat kekacauan dihunus oleh pedang Tora. Hana sangat tidak menyukai pekerjaan Tora, namun itu perintah agar tidak ada korban lainnya.

“Meski kelihatannya tidak berbahaya, Ayakashi manapun akan membawa bencana bagi manusia.”  

Suatu hari, ada seorang bangsawan yang ingin menikah dengan Hana. Kakanya pun membuat perjodohan tersebut. Sebenarnya kakaknya lebih senang Hana menikah dengan Tora. Namun, dengan pertimbangan lainnya tawaran bangsawan itu pun diterima. Hana tidak dapat menolak karena untuk urusan calon pendamping ditentukna oleh sang kakak. Begitulah tradisi keluarganya. Sesungguhnya dalam hati Hana sudah ada Tora. Pengawal yang juga sahabat kecilnya. Tora pun memiliki perasaan yang sama. Tapi dia tidak akan pernah bisa mencegah perjodohan itu. Bagaimanapun Tora hanyalah seorang pengawal keluarga Toujou.

Saat perjodohan itu tiba, Hana mendapati fakta yang sangat mengejutkan, bahwa bangsawan tersebut adalah jelmaan Ayakashi yang menginginkan Hana menikah dengannya. Dia bukan Ayakashi biasa. Dia dapat berubah wujud menjadi siapa saja termasuk Tora dan cara bertahan hidupnya adalah memakan Ayakashi lainnya. Yang lebih mengerikan dia juga dapat mengendalikan kesadaraan manusia. Untungnya saat itu Tora segera datang. Radar hawatirnya terhadap Hana sangatlah kuat.

“Kalau ada sesuatu terjadi padamu, aku akan datang secepat kilat.”

Cerita Ayakashi ini begitu menyenangkan. Aku suka dengan alur dan konfliknya yang tak pernah ada bosannya. Kisah cinta Hana dan Tora yang malu-malu juga sangat romantis. Keromantisan bukan hanya dengan saling pegangan tangan, namun cara melihat dan menghawatirkan orang yang sangat di sayangi juga bisa mengeluarkan nuansa romantis bukan?

Untuk penerjemahan tidak ada maslah. Selain cerita Ayakashi, ada cerita tambahannya loh. Menceritakan seorang putri Yakuza yang sangat ditakuti, tetapi tiba-tiba saja seorang pangeran india jatuh cinta padanya dan melamarnya. Padahal selama ini tidak ada lelaki yang berani jatuh cinta pada putri Yakuza tersebut. Namun, jalan pangeran itu tidaklah mudah untuk mendekati sang putri. Tentu saja sebagai anak Yakuza ada persyaratan yang harus dilaluinya.


4.5* bintang untuk Princess of Ayakashi.


You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »