Ask Author Perfect Purple - Indah Hanaco

3/09/2016

Setelah mendapat kesempatan #BacaBareng #PerferctPurple karya Indah Hanaco. Aku mencoba menggali dibalik layar pembuatan novel Perfect Purple. Sebuah novel yang mengangkat tema kepedulian terhadap lingkungan, dimana dalam novel ini menyajikan penyelamatan Paus Minke oleh organisasi SNFS (Sea Not For Sale). Sebuah organisasi yang membawa gadis muda pada keputusan yang membuat kedua orang tuanya shock, terutama Ibunya. Dan keputusaan itulah yang membawanya pada penyesalan. Silahkan baca reviewnya di sini.

Yukkk…. ah, kita mulai Ask Author Perfect Purple.

Apa alasan Mba Indah mengangkat tema mengenai aktifis kelautan untuk novel Perfect Purple?

Karena suatu hari di tahun 2014, secara tidak sengaja aku nonton reality show bertajuk Whale Wars. Acara itu memfilmkan perjuangan kru Sea Shepherd dengan nakhoda bernama Paul Watson. Nonton acaranya tidak sengaja, tapi malah kecanduan. Akhirnya tiap hari rutin nonton acara itu. Pengalaman para kru membekas banget. Sampai aku kepikiran untuk menulis kisah mereka.

Novel ini ditulisnya tahun 2014 loh, namun karena mengalami penundaan terbit selama setahun yang harusnya berada diurutan 20 jadi diurutan 26.

Aku baru tahu dari Perfect Purple mengenai aktifis kelautan seperti Sea Shepherd. Saat menonton acara itu, terpikirkan gak si Mba bahwa semua orang harus tahu tentang Sea Shephred dengan Perfect Purple ini?

Awalnya sekedar nonton doang karena nggk ada acara yang oke. Setela beberapa kali lihat Whale Wars, benar-benar kagum sama perjuangan mereka. Saat itulah terpikir menulis kisah mereka. Novel pertama yang bercerita tentang aktifis paus ini judulnya Cinta Sehangat Pagi. Tapi porsi kampenaye di laut minim banget. Perfect Purple naskah kedua dan lebih fokus pada aktivitas di laut lepas. Ini bentuk penghormatanku untuk kru Sea Shepherd. Bisa dicek di twitter akunnya. Juga ada akun Captain Paul Watson. Beliau pendiri Sea Shepherd yang dipecat dari keanggotaan Greenpace karena dianggap berjuang dengan cara yang frontal.

Barangkali ada yang mau bergabung, cek akun twitternya langsung ya @seashepherd. Aku juga baru tahu kalau Cinta Sehangat Pagi karya Mba Indah dengan memakai nama pena (efek belum baca). Ada yang penasaran dengan acara Whale Wars, silahkan cek di bawah.



Nah, kan telat terbit nih Mba. Ada perasaan kecewa gak si Mba?

Naskah yang berubah jadwal terbitnya, udah biasa, kok. Aku nggk sempet kecewa dan sejenisnya karena fokus nulis naskah lain. Setelah Perfect Purple aku menulis Tuhan Untuk Jemima dan Saujana Cinta. Keduanya satu seri dengan Cinta Sehangat Pagi, dengan porsi adegan di kapal yang sedikit lebih besar. Tapi memang Perfect Purple yang lebih banyak menggunakan setting di kapal, berikut segala problemanya. Perfect Purple boleh dibilang rangkuman apa yang terjadi di Whale Wars.

Apakah itu salah satu penyebab kisah Neal & Milly begitu singkat Mba? Atau karena adanya pembatasan halaman?

Pembatasan halaman, Rin. Jadi, porsi romance-nya nggk terlalu besar. Tapi aku tetap mau bikin novel mirip Perfect Purple dengan porsi aktivis kampanye dan romance yang sama besar. Tapi fokusnya di Kepulauan Faroe, Denmark. Masih tentang Paus, tapi Paus Pilot.

Wowww…. Bakalan lebih mendebar-debar nih. Tapi bukan lanjutan Perfect Purple loh. Walau Mba Indah kepikiran untuk membuat lanjutan Perfect Purple. Yah, semoga saja. Secepatnya. Aku memang menantikan kisah Neal dan Milly dengan porsi romance yang lebih besar.

Dibandingkan menulis novel tebal, lebih lama mana pengerjaannya?

Kalau soal lama pengerjaan naskah, tergantung kematangan outline yang sudah disiapkan. Perfect Purple kukerjakan sebulan. Delicious Marriage yang ketebalan naskahnya lebih 1.5 kali lipat dari Perfect Purple, selesai dalam waktu 11 hari.

Wah, boleh nih ilmunya. Bikin flash fiction 100 kata aja harus jungkir balik. Abaikan.

Mengenai karakter di Perfefct Purple, kenapa Neal memiliki mata sebiru es seperti Alistair di You Had Me at Hello? Apakah karena memang pengambilan settingnya di lautan?

Karena aku suka liat mata biru. Dulu pas remaja ngefans banget sama Mel Gibson. Mata birunya…aduhhh. Terus pas nulis dengan karakter utama cowok bule, sering milih yang bermata biru. Kadang tanpa sengaja. Alistair dan Neal sendiri ditulis dengan jeda setahun

Saking pensaran dengan Mel Gibson, sampai aku searching di mbah google. Ini dia sosoknya.



Apakah ada karakter tokoh yang persis dengan anggota Sea Shepherd, Mba? Dari nama atau lainnya?

Kalau dari nama sih, nggk ada. Kalau karakter, iya. Aku merasa banyak persamaan antara Captain Paul Watson dan Neal. Cuma, Paul lebih tenang karena mungkin factor usia. Neal lebih ekspresif dan meledak-ledak. Tapi kalau sudah berhubungan dengan pembunuhan Paus, reaksinya sama.

Di novel ada cerita saat Neal pada Alex, pilot helikopter. Ini dia pengakuan Mba Indah.

Soal Neal yang marah karena pilot helikopternya ketiduran, pernah terjadi di Whale Wars. Neal marah kalau gagal menghalangi pemindahan Paus ke kapal pabrik. Paul malah menangis di kabinnya. Pokonya para kru Sea Shepherd itu begitu mengesankanku. Di saat orang lain menghabiskan musim panasnya dengan berlibur, mereka malah bertahan di lautan berbulan-bulan.

Aku juga terkesan dengan kisah para kru SNFS. Karena memang diangkat dari kisah nyata, SNFS sendiri terasa nyata. Jika Mba Indah berharap da tombol rewind untuk kembali ke masa lalu. Belajar berbagai Bahasa untuk begabung dengan Sea Shepherd. Aku membutuhkan kantong ajaib Doraemon untuk masuk ke dunia Perfect Purple.

Sekian Ask Author Perfect Purple bareng Mba Indah Hanaco. Baca juga review Perfect Purple.



You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »