Girls In The Dark - Pergantian Pemeran Utama by Akiyoshi Rikako

3/24/2016

Blurb_____

Apa yang ingin disampaikan oleh gadis itu…?

Gadis itu mati.
Ketua Klub Sastra. Shiraishi Itsumi, mati.
Di tangannya ada setangkai bunga lily.
Pembunuhan? Bunuh diri?
Tidak ada yang tahu.

Satu dari enam gadis anggota Klub Sastra digosipkan sebagai pembunuh gadis cantik berkarisma itu.
Seminggu sesudahnya, Klub Sastra mengadakan pertemuan. Mereka ingin mengenang mantan ketua mereka dengan sebuah cerita pendek. Namun ternyata, cerita pendek yang mereka buat adalah analisis masing-masing tentang siapa pembunuh yang sebenarnya. Keenam gadis itu bergantian membaca analisis mereka, tapi…

Kau, pernah berpikir ingin membunuh seseorang?

Judul : Girls In The Dark / Ankoku Joshi
Author : Akiyoshi Rikako
Tahun : 2013
Penerbit : Haru
Alih Bahasa : Andry Setiawan
Halaman : 279 hlm
Terbit : Cetakan ketiga, maret 2015
ISBN : 978-602-7742-31-4

Review_____

Girls In The Dark, novel ini sangat, sangat menarik. Akiyoshi Rikako berhasil membuatku tak bosan membacanya. Sampulnya pun gak kalah menarik dari ceritanya, nuansa gelap. Pasti akan terlintas novel satu ini adalah novel horor, tapi bukan loh. Walau suasana yang disuguhkan mencekam dan bikin deg-degan.

Pegang rahasianya, rebut tempatnya berada, dan sudutkan. Menggenggam rahasia seseorang sama dengan menggenggam jiwanya. Tidak ada kepuasan yang melebihi kepuasan itu. Hlm. 227

Novel ini bercerita tentang 6 murid siswi dari Klub Sastra sekolah SMA Putri Santa Maria di Jepang tengah mengadakan acara tahunan, yami nabe. Sebuah acara dimana para anggota klub berkumpul dalam ruangan gelap, memakan campuran makanan yang dibawa masing- anggota tanpa pengetahuan siapapun dengan apa yang dibawanya. Makanan yang dibawa pun harus bersih dan sehat. Lalu, satu per satu para siswi akan membacakan hasil karya tulisannya. Untuk kali ini, sekaligus mengenang kematian ketua klub, Shiraishi Itsumi, temanya adalah untuk mengetahui siapa yang membunuh Ketua Klub yang memiliki paras yang sangat cantik, pintar, disukai semua murid, latar belakang keluarganya pun menambah  kesempurnaan gadis ini. Hingga penyebab kematiannya tak diketahui. Ada gosip beredar bahwa Itsumi dibunuh oleh salah satu anggota klub Sastra. Dan pertemuan kali ini akan mengungkapkan kebenarannya.

Sumikawa Sayuri sebagai wakil ketua klub yang juga sahabat Itsumi dari SD, memandu pertemuan tersebut. Sosok Sayuri berbanding terbalik dengan Itsumi. Sayuri gadis berpenyakit, namun disegani oleh siswi lain. 

Pembacaan naskah itu dimulai dari :
  • Nitani Mirei. Siswi yang mendapat beasiswa di sekolah elit tersebut. Juga guru privat untuk adik Shiraishi Itsumi. 
  • Kominami Akane. Sebelum bergabung dengan klub, dia membenci Shiraishi Itsumi karena kesempurnaannya. Hobinya masak. Seperti yang dilakukan di klub.
  • Diana Detcheva. Murid International yang mendapat kesempatan setahun belajar di SMA Putri Santa Maria. Sangat mengagumi Itsumi. 
  •  Koga Sonoko. Bercita-cita menjadi seorang dokter. 
  • Takaoka Shiyo. Seorang novelis yang tidak mau novelnya diterjemahkan ke bahasa lain.

Sebagian besar naskah mereka bercerita tentang bagaimana mereka bergabung dengan Klub Sastra, lalu berspekulasi pembunuh sebenarnya adalah anggota klub. Karena ruangan gelap tidak ada yang dapat membaca ekspresi masing-masing saat dituduh sebagai pembunuh sesungguhnya.

Aku paling suka dengan cerita, Koga Sonoko. Caranya mengisahkan dengan 5W1H (what, why,when, where,who, dan how). Cara dimana dia mereview bacaannya. Cerita Takaoka Shiyo pun, asyik. Karena dia memang seorang penulis, pembawaannya santai dan teratur.

Kalau kau ingin menggerakan orang sesuai dengan kehendakmu, genggamlah rahasianya. Hlm. 237

Naskah terakhir yang dibacakan oleh Sayuri adalah naskah milik Itsumi. Dalam naskah itu semua kebenaran tertulis. Dan fakta yang mengerikan adalah adanya pergeseran tokoh utama. Saat-saat menegangkan yang membuat para anggota Klub Sastra tak dapat berkata apapun. Sebuah kebohongan yang ditutup rapih.

Benar. Mulai detik itu, salon ini berubah dari panggung pembalasan dendam Itsumi. Menjadi panggung pergantian tokoh utama. Hlm. 275

Saat keempat anggota klub bercerita bisa ketebak siapa yang menjadi target calon pembunuh Shiraishi Itsumi. Bisa dibilang pemilihan alurnya monoton, walau ada yang berbeda di pembacaan terakhir. Kalau di acak pasti bakalan lebih tegang dan pembaca bakalan bertanya-tanya siapa target selanjutnya.

Berhubung ini novel terjemahan, jangan hawatir ya, karena hasil penerjemahannya oke. Walau ada beberapa yang terkesan memaksakan kalimat. Seperti,pada:

Untuk berjalan saja saya susah untuk menjaga keseimbangan. Hlm. 18

Kalimat di atas tidak baku, seharusnya : Untuk berjalan dan menjaga keseimbangan saja, saya kesusahan.

Lalu, saat Diana menceritakan kisahnya, dia menggunakan kata pengganti ''saya'', namun penerjemah kecolongan kata dimana ada kata ''aku'' yang keluar.

Dan jujur aku ingin membaca novel aslinya, ada yang membuatku penasaran dengan penerjemahannya. Seperti dibawah ini :

Saudari sekalian, terima kasih sudah bersedia datang malam ini meskipun badai sedang menerjang. Hlm.6

Kalimat di atas saat Sayuri membuka pertemuan. Ada kata ''Saudari''. Kenapa menggunakan Saudari? Bukankah pertemuan klub, yang biasanya tidak begitu menggunakan bahasa formal. Ataukah dalam bahasa Jepangnya Sonkeigo (Bahasa hormat) sehingga diartikan “Saudari”?

Ishiraishi Itsumi melengkapi kebanggaan itu. Hlm.84

Terdapat huruf “i” pada kata ''Ishiraishi'', sepengetahuanku tidak ada penambahan huruf di depan nama, kecuali untuk pengganti orang seperti “O” pada “Ojousama” yang berarti “putri”.

Namun, overall, aku menikmati novel ini dan rekomen buat kamu yang suka novel misteri.

4* untuk Girls In The Dark / Ankoku Joshi


You Might Also Like

9 comments

  1. oh my.. penasaran banget sama novel ini. bikin tegang bacanya...

    ReplyDelete
  2. harus baca, ka. dijamin gak kecewa.

    ReplyDelete
  3. Bisa download bukunya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau download aku gak tahu, cz beli yang sudah berbahasa Indonesia dr penerbit haru.

      Delete
    2. Akhirnya aku ketemu, kalo mau download di sini:
      http://gizulfa.blogspot.co.id/2017/06/girls-in-dark-by-akiyoshi-rikako.html?m=1

      Delete
  4. Aku udah beli bukunya. Dan isinya bener - bener menarik. Waktu dibagian Nitani Mirei, aku agak bosan. Tapi saat ada analisis kalau Koga Sonoko yang bunuh Itsumi, karena ketahuan selingkuh sama ayahnya, aku mulai tertarik. Apalagi yang dibagian Akane yang menyindir Nitani dan Koga dengan cerita mistisnya

    ReplyDelete
  5. Aku udah beli bukunya. Dan isinya bener - bener menarik. Waktu dibagian Nitani Mirei, aku agak bosan. Tapi saat ada analisis kalau Koga Sonoko yang bunuh Itsumi, karena ketahuan selingkuh sama ayahnya, aku mulai tertarik. Apalagi yang dibagian Akane yang menyindir Nitani dan Koga dengan cerita mistisnya

    ReplyDelete
  6. suka sama review singkat dari kamu, aku ambil beberapa potong review teks untuk mengisi bagian review blog ku ya,
    salam kenal http://www.reviewdansinopsis.com/

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »