Sparkle - Jalan Seorang Idol by Eve Shi

6/09/2016

Blurb___________

Sparkle!
Grup idola baru di dunia hiburan. 
Cantik. Sempurna.
Suara indah. Tarian memikat.
Dipuja. Disayangi.
Idola yang dicintai para fans. 
Inilah impian para personelnya.
Namun, ada harga yang harus dibayar.
Semua tindakan dinilai. Semua penampilan diperhatikan. 
Keriangan dan teror bersatu.
Diberi banyak cinta, tapi tak boleh balik mencintai. 
Karena sang idola tak bisa dimiliki siapa pun.
Sampai kapan mereka bertahan. 
Judl : Sparkle
Author : Eve Shi
Penerbit : Noura Books
Halaman : 276 Hlm
Tahun : 2014
ISBN : 978-602-1306-53-6

___________Review___________

Rosalie dan Divya adalah peserta yang berhasil lolos bergabung dengan Sparkle. Tentu saja keduanya sangat bahagia dan bangga bisa bergabung dengan member Sparkle lainnya dengan bakat dan kemampuannya masing-masing. Perjuangan mereka dikancah hiburan ternyata tidaklah mudah penuh dengan pengorbanan dan perjuangan.

“…. Dan kalau sesuatu penting buat kita, pasti layak dipertahankan….” Hlm. 182
Latihan & Show, walau sudah tiga bulan Sparkle eksis dikancah hiburan Rosalie dan Divya harus berangkat sendiri ke tempat latihan dan show dengan menggunakan kendaraan umum. Awalnya aku merasa aneh, kok bisa ya managemennya gak menyediakan mobil khusus antar jemput. Tapi toh mungkin karena mereka masih baru juga.

Restu, Rosalie sebenarnya tak mendapat dukungan penuh dari orang tuanya dengan jalan yang diambil anaknya tersebut. Rosalie masih SMA, paginya dia harus sekolah, malamnya kadang ada show. Orang tuanya hanya kasihan pada anaknya yang harus membagi waktunya. Berulang kali orang tuanya tak bosan menanyakan keputusan Rosalie bergabung dengan Sparkle.

Fans, walau masih baru Sparkle sudah memiliki fans yang lumayan banyak. Terlebih setiap personil punya fanbase-nya masing-masing. Kecuali Rosalie dan Divya. Mereka belum memilik fanbase sendiri. Tak berapa lama ada seorang fans yang membuatkan fanbase Rosalie membuat Divya kesal sendiri karena tinggal dirinya yang belum. Teman di sekolahnya pun lebih menyukai Kristal. Divya sempat frustasi tapi dia dapat menghalaunya.

Kebebasan, menjadi seorang idol tentunya tidaklah mudah. Setiap personil harus menjaga sikap di depan fans. Tidak boleh update status yang berisi keluhan, pokonya harus yang ceria. Dan mereka sebagai idol dilarang pacaran. Karena seorang idol adalah milik semua orang.

Flagiat, karena masih baru Sparkle sering di cap idol flagiat terhadap grup idol sebelumnya yang sudah sukses duluan di dunia hiburan.

“Akui kesalahan kamu. Kabur itu tindakan pengecut dan hanya menambah masalah. Kamu tahu itu, kan? Asal kamu menyesal dan tidak mengulanginya lagi, orang pasti mengerti. Got that?” Hlm. 126
Sayangnya hidup tak selalu berjalan lancar masalah satu persatu bermunculan. Rosalie yang mendapat teror dari fans hingga diserang. Belum perasaannya pada Sam yang harus dipendam karena dilarang pacaran  Imelda yang ketahuan punya pacar yang harus memilih sang pacar atau keluar dari Sparkle. Bianca yang tak sengaja membuat status keluhan di twitter tepat menjelang konser pertama mereka. Divya yang juga pernah berbicara kasar saat diundang ke sebuah acara. Bagaimana kelanjutan mereka di kancah hiburan sebagai idol? Baca cerita lengkapnya di novelnya ya.

Novel ini lebih menonjolkan kisah Rosalie dan Divya. Dibawakan dengan santai dengn konflik cerita yang kompleks. Aku suka cara penulis menggambarkan kehidupan idol baru yang tidaklah mudah. Jadi artis itu ternyata rempong banget soal peraturan.

Aku suka para personil Sparkle yang saling mendukung saat ada masalah salah satu diantara mereka. Juga, saling mendukung untuk terus maju di Sparkle. Aku acungkan jempol untuk persahabatan mereka.

Namun, ada keganjalan dengan kisah Rosalie yang kalo pulang malam dia harus dua kali naik kendaraan umum hanya untuk kembali ke rumahnya. Rosalie memang tak mendapat restu, tapi ko orang tuanya seolah gak menghawatirkan keselamatan anaknya yang pulang malam. Padahal ibunya punya mobil peninggalan sang kakek. Dalam kasus ini terlalu mendramatisit konflik menurutku.

Overall, aku menikmatinya. Cocok buat kamu yang lagi nyari kisah perjuangan dan persahabatan.

4* untuk Sparkle


You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »