[Review + Giveaway] You Are My Moon - Cinta Sejati by Rompaeng

10/14/2016


Blurb _____________

Darika
 
Seorang gadis anak pengurus kuil sederhana. Hidupnya tiba-tiba berubah 180 derajat ketika seorang bangsawan kaya memintanya untuk bekerja sebagai bodyguard-nya. Tugas gadis itu adalah untuk melindungi sang bangsawan dari istri centil sahabatnya. 

Juntharakan

Seorang bangsawan tampan yang masih lajang. Dia mempekerjakan gadis sederhana yang blak-blakan dan cerdas itu sebagai sekretaris pribadi sekaligus bodyguard-nya. Tapi, kenapa jantung Juntharakan selalu berdetak lebih kencang ketika berdekatan dengan gadis itu?

Judul : You Are My Moon
Author : Rompaeng
Penerbit : Haru
Halaman : 296 hlm
Penerjemah : Suchada Ung-Amporn, Wisnu Wardhana
Cetakan : pertama, September 2016
ISBN : 978-602-7742-81-9

Review _____________

“Jangan hiraukan mereka, Sayang. Kita lebih tahu tentang diri kita sendiri dan itu sudah cukup.” Hlm. 8

Awalnya aku berpikir novel You Are My Moon seperti film-film korea tentang kisah si kaya dan si miskin. Dimana si miskin manusia baik dan si kaya makhluk arogan. Tapi, ternyata diluar ekspektasiku. Darika memang si miskin, dia hanyalah cucu dari seorang pengurus makam, bahkan rumahnya terbuat dari sisa-sisa peti mati. Wow, aku tidak bisa membayangkan tinggal di dalam peti mati. Denger yang meninggal saja bikin deg-degan karena kita tak pernah tahu kapan kembali pada Tuhan. Tapi, memang itulah yang membuat Darika tak merasa takut karena suatu hari nanti manusia pasti akan mati. Kehidupan yang miskin membuat Darika tumbuh menjadi gadis yang kuat dan mandiri.

Temannya, Puttan meminta Darika untuk tinggal di apaartemennya selama tiga bulan. Puttan anak orang kaya, apartemennya sangat mewah. Walau status mereka berbeda Puttan sangat memahami Darika. Keduanya sudah menjadi sahabat sejak kuliah. Dan di sanalah hidup Darika berubah saat tak sengaja menolong seorang lelaki tampan yang ternyata adalah seorang bangsawan bernama Mom Luang Juntharakan Navarat. Walau memiliki paras yang tampan dan dari keluarga bangsawan, dia lelaki yang gak peka soal perasaannya sendiri. Walau karakternya hampir dibuat sempurna ternyata Juntharakan yang hidup lama di Amerika memiliki kekurangan. Aku senang karena penulis tidak membuat Juntharkan sempurna total.
Juntharakan ini ternyata sedang dikejar-kejar oleh istri sepupunya sendiri, Pitchaya. Pitchaya memang gadis gila dia sudah punya suami namun dengan terang-terangan mengejar Juntharakan. 

“Aku rasa bicara jauh lebih mudah daripada melakukannya...” hlm. 26

Akhirnya Juntharakan meminta Darika untuk menjadi sekretaris pribadinya sekaligus menjaga Juntharakan dari Pitchaya. Itulah misi utamanya. Darika gadis yang cerdas dan blak-blakan. Dia tak segan melawan Pitchaya walau dari status mereka berbeda. Yups, Darika memang gadis yang kuat. Di tambah Juntahrakan tertarik pada Darika karena dia memiliki nama yang sama dengan ibunya yaitu, Dao. Pun, karakter Darika dan Ibunya sama. 

Praguydao, Ibu Juntharakan dan Juntharapanu, ayah Juntharakan menyukai kehadiran Darika. Keluarga lainnya pun menyukai Darika. Darika juga tak segan untuk mengutarakan pendapatnya tentang hidup hemat. Pernah suatu hari Darika mengajak Praguydao dan keluarga lainnya untuk satu mobil saja agar hemat bensin. Dan itu, tak membuat mereka gusar malah senang dengan pemikiran Darika. 

“Seandainya kau menjadi aku, kau akan paham. Karena seandainya kita membiarkannya terjadi dengan mudah, kita akan dibuang dengan mudah. Laki-laki tidak akan menghargai apapun atau siapa pun yang bisa dia dapatkan dengan mudah.” Hlm. 254

Pitchaya tak kunjung menyerah mendekati Juntharakn. Praguydao terus memkasa Juntharakan untuk segera menikah. Sang Ibu sudah tak sabar ingin meminang cucu. Tapi, Juntharakan tak suka dengan perjodohan karena hatinya selalu bergejolak saat di dekat Darika. Dia juga merasa cemburu jika Darika sering bersama Viwat sekretarisnya. Bodohnya Juntharakan, dia tak mengerti perasaaan apa yang dimilikinya.

Bencana besar terjadi saat suami Pitcahaya tahu tentang istrinya tengah berada di dalam kamar bersama Juntharakan. Juntharakan juga mulai menyadari perasaannya pada Darika. Bagaimana dengan Darika sendiri? Secara gitu ya cewek mana si yang gak tergoda sama cowok tampan, kaya lagi. Eh, tapi Darika tak percaya adanya cinta sejati loh. Pengalaman pahit yang dialami ibunya membuat Darika tak percaya tentang cinta sejati. Nah.... mau tahu kelanjutannya kan? Yukkk.... baca kisah mereka di novel You Are My Moon terbitan Haru Media ini. Dijamin gak bakal kecewa. Karena......

  • Karakter tokohnya kuat. Aku suka dengan rencana Ibu Juntharakan yang membiarkan anaknya untuk semakin dekat dengan gadis yang cocok dengan putranya tersebut. Segala cara dilakukan sang Ibu. 
  • Alur ceritanya bikin gemes, greget tapi ada konyolnya juga. Beruntung banget bisa baca novel ini. 
  • Karena ini novel terjemahan, tak ada yang perlu dkhawatirkan. Bahasanya enak dan renyah. 4* of 5 * deh untuk kakak-kakak penerjemahnya.
Pesan yang bisa diambil dari novel ini :
Jangan pernah malu jika terlahir dari orang biasa saja, jadilah orang yang kuat, cerdas dan mandiri seperti Darika. Karena di mata Tuhan kita semua sama. 

Untuk novelnya aku juga kasih 4* of 5* untuk You Are My Moon


_____________ Giveaway Time _____________

 
Mau satu novel kece ini? Aku dan Haru kasih gratis deh. Ikuti aja yukkk... caranya di bawah ini :
  1.  Peserta memiliki alamat pengiriman di Indonesia.
  2. Follow Twitter @Penerbitharu, dan @RiienJ. Yang punya IG boleh dong follow akun @Penerbitharu
  3. Jangan Lupa untuk like Fanpage Penerbit Haru
  4. Share info GA ini disalah satu media sosial yang kamu punya. Jangan lupa untuk mention akun Penerbit Haru dan @RiienJ (khusus twitter) dengan hastag #YouAreMyMoon
  5. Jawab Pertanyaan di kolom komentar dengan format : nama, akun twitter, dan jawabanmu.
“Apa cinta sejati menurut kalian?”
     6. Giveaway ini berlangsung dari 15 Oktober – 21 Oktober 2016. Pengumuman pemenang dua hari setelah GA ini berakhir.
    
Good Luck!


You Might Also Like

52 comments

  1. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAsuna
    Jawaban:

    Bagiku, cinta sejati adalah cinta yang membuat kita bahagia bukan sebaliknya, dia yang rela melakukan apapun demi memperjuangkan cintanya. Karena sejatinya cinta adalah memiliki dalam sebuah ikatan, memberi dalam ikhlas, mencintai dengan tulus.

    thankyu :)

    ReplyDelete
  2. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia

    “Apa cinta sejati menurut kalian?”

    Menurutku Cinta Sejati itu cinta yang tumbuh karena ketulusan jiwa, keikhlasan hati, dan pengorbanan tanpa pamrih, yang keberadaannya tak luntur karena usia dan tak lekang oleh waktu. Cinta sejati juga tidak egois dan tidak memaksakan jika orang yg dicintai lebih bahagia dengan orang lain. Dia akan dengan ikhlas menerima jika cintanya tidak harus memiliki.

    ReplyDelete
  3. Nama: Rohaenah
    Akun twitter: @rohaenah1
    Jawaban: menurut saya cinta sejati adalah cinta yg tak lekang oleh waktu. Cinta sejati terjalin karena adanya kasih sayang yg tulus dari dalam hati, tak mengharap kesempurnaan karena memang manusia tak ada yg sempurna. Justru cinta sejati menutupi ketidaksempurnaan keduanya sehingga saling melengkapi dan menutupi kekurangan masing2 dan kokoh menghadapi cobaan apapun .

    ReplyDelete
  4. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun twitter: @bety_19930114

    Cinta sejati itu cinta yang tidak pernah berkurang kadarnya sejak pertama kali jatuh cinta, justru akan semakin kuat seiring dengan bertambahnya usia dan kemunduran fisik. Cinta sederhana yg selalu memberi dan menerima, tidak memaksa/menuntut juga selalu membuat nyaman pasangan sehingga dia merasa menjadi orang yg paling beruntung di dunia.

    ReplyDelete
  5. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91

    Cinta sejati menurutku adalah cinta sederhana yang terus tumbuh dari hari ke hari dan tidak menyakiti. Cinta yang memberikan dampak positif untuk sang pecinta. Cinta yang melindungi, membahagiakan, menerima, mempercayai dan menyembuhkan.

    Demikian dan terima kasih. :)

    ReplyDelete
  6. Cinta sejati menurutku adalah cinta yang didasari satu alasan yaitu TANPA ALASAN. dengan mencintainya bertambahlah cinta kita pada Tuhan kita, dengan mencintainya bertambahlah nilai positif di diri kita. dengan mencintainya kita semakin berkembang ke arah lebih baik. Bisa diajak susah namun tak lupa diri bila di ajak senang.

    Nama: Rezita Agnesia Siregar
    Akun Twitter: @agnesiarezita
    Domisili: Medan
    Linkshare: https://twitter.com/agnesiarezita/status/787215013798776833

    ReplyDelete
  7. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Akun twitter: @MayaElfianiY

    Karena cinta itu tak harus memiliki, maka cinta sejati akan tetap mencintai walaupun dia jadi milik yang lain

    Namun jika cinta sejati itu telah saling memiliki, maka dia akan mempertahankan cinta sejatinya dan berusaha selalu ada untuknya. Dia pun akan berusaha tak menyakitidan tak menyia-nyiakan cinta sejatinya.

    Intinya cinta sejati akan selalu berusaha yang terbaik untuk pasangannya.

    ReplyDelete
  8. Nama: Veronika Adien
    Akun Twitter: @Arthamarchia
    Jawaban:
    Menurut saya cinta sejati itu cinta yang tak pernah hilang oleh waktu dimana setiap hari cinta itu selalu ada atau semakin bertambah. Di saat orang yang dicintai tidak berada di sisi kita kemudian kita merasa hampa itulah cinta sejati. Selain itu, cinta sejati merupakan jodoh yang telah ditentukan oleh Tuhan, dimana mereka akan selalu setia untuk selamanya.

    Demikian jawaban saya dan terima kasih untuk penerbit Haru dan kak Rin Herlina!

    ReplyDelete
  9. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco


    “Apa cinta sejati menurut kalian?”

    Menurutku cinta sejati itu merupakan perasaan cinta yang tulus, yang tak mudah dilupakan, tak pernah memaksa, tak pernah lelah mencintai, tak lekang oleh waktu, tanpa syarat, tanpa pamrih, rela berkorban, ikhlas memaafkan, menerima meski tak bersama/saling memiliki, bahagia saat melihatnya bahagia meski bukan karena diri sendrir dan tak egois.

    Bismillah, semoga beruntung :)
    Makasih :) :)

    ReplyDelete
  10. Nama: Nurwahidah
    Twitter: @wawha_cuza
    Jawaban: Menurutku cinta sejati adalah ketika kita saling mencintai,saling mengerti dan selalu ingin memberi yang terbaik pada orang yang kita cintai. Ingin membahagiakan satu sama lainnya.

    ReplyDelete
  11. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    jawabanmu:

    “Apa cinta sejati menurut kalian?”

    Menurutku cinta sejati itu beda tipis dengan cinta sehidup semati. Cinta sejati, bukan sekedar saling memiliki dalam wujud raga tapi juga dalam wujud perasaan. Bukan hanya tentang laki-laki dan perempuan. Bukan juga hanya tentang kekasih, melainkan bisa banyak hal. Keluarga, saudara, sahabat, teman, bahkan seseorang yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Bagiku, cinta sejati itu antara dua hati yang entah milik siapa, yang saling mengerti tanpa perlu saling mengatakan seluruh isi hati.

    ReplyDelete
  12. nama : Rimadian Ulfa Y
    akun twitter : @AdinRim

    “apa cinta sejati menurut kalian?”

    menurutku cinta sejati itu artinya luas, kekompakan dan rela berkorban di dunia persahabatan itu cinta sejati, mau merasakan suka duka dan saling melengkapi itu juga cinta sejati.
    yang kedua, kerukunan di antara keluarga, saling menyayangi, menutupi kekurangan dan berbagi kebahagiaan bareng keluarga itu cinta sejati banget..
    dan yang ketiga, kalau untuk laki-laki dan perempuan, cinta sejati itu tidak harus selalu memiliki, tapi cukup mengerti perasaan satu sama lain, bahagia kalau si dia bahagia, tidak saling mempermainkan perasaan, nyelesaiin masalah bareng-bareng, dan peka dengan perasaan kita.

    ReplyDelete
  13. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @dreravios


    “apa cinta sejati menurut kalian?”


    Arti Cinta Sejati itu mempunyai tujuan yang sama. Cinta sejati itu walau berbeda seperti sandal kanan dan kiri, tetapi memiliki tujuan yang sama. Sehingga, jika kehilangan bagian yang lainnya pun akanterasa aneh. Sehingga, kekompakan menjadi kunci dari mengukuhkan cinta sejati tersebut. Cinta yang telah tumbuh dan bersemi semakin dalam akan melihat pasangan sebagai suatu kelebihan. Pasangan tidak akan memandang kekurangan dari pasangan yang lainnya.


    Cinta Sejati adalah merasakan duka dan suka bersama-sama. Cinta sejati itu tidak akan tergoyahkan oleh apapun. Suka dan duka yang dirasakan malah akan semakin menguatkan jalinancinta yang ada. Pasangan akan selalu ada di samping untuk menghibur atau merasakan kebahagiaan bersama-sama. Masalah yangmenghadang pun juga akan terasa ringan karena dihadapi dengan bersama-sama.


    Wish me luck:)

    ReplyDelete
  14. Nama : Aneira Maharani
    Twitter : @aneira_elf

    Apa cinta sejati menurut kalian?

    cinta sejati itu bukan tentang seberapa banyak kasih sayang yang kita berikan kepada pasangan kita tapi bagaimana menjaga sebuah komitmen yang telah kita bangun dengan pasangan kita agar tetap pada sebuah ikatan yang telah kita janjikan denagn pasangan kita. cinta sejati juga tentang bagaimana kita menjaga kesetiaan kita dengan pasangan kita agar hubungan kita tidak goyah walaupun banyak sekali rintangin-rintangan yang pasti akan terjadi dalam sebuah hubungan tapi itu merupakan poin utama dalam sebuah hubungan. karena, tidak ada hubungan yang selalu manis dari awal sampai akhir tetapi pasti juga akan merasakan pahitnya dipertengahan jalan suatu hubungan. cinta sejati itu tidak akan pernah mengikari sebuah perjanjian yang telah dibagun dari awal hubungan kita sampai akhir hayat kita nanti.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Nama : Rani Widiyansyah
    Twitter : @raniwidiyansyah

    Cinta sejati menurutku,

    Cinta sejati itu jatuh cinta berkali-kali, entah itu puluhan, ratusan, bahkan ribuan kali, kepada satu orang yang sama sampai akhir.

    ReplyDelete
  17. Nama: Rinita
    akun twitter: @RinitAvyy

    Cinta itu sederhana. Cukup di rasakan dan merealisasikan dengan
    benar dalam kehidupan sehari-hari.
    Yang kemudiab dituangkan dalam tindakan nyata dan bukan hanya omongan palsu atau sekadar ucapan janji-janji semanis gula
    dan madu. Sejatinya disebut sebagai 'cinta sejati' karena kita sendirilah yang menyejatikan cinta itu dengan perbuatan nyata, pengorbanan serta perjuangan untuk mendapatkannya. Cinta sejati sama halnya sepasang sepatu, meski berbeda kanan-kiri mereka akan tetap berjalan menentukan satu tujuan (kebahagiaan). Jika hilang salah satu dari mereka, maka tak adalah arti dari ia yang tinggal sebelah saja (sendiri).
    Sesungguhnya Cinta Sejati itu tidak akan memandang kekurangan pasangannya sebagai kelemahan, keburukan tetapi sebagai sebuah keindahan. Tetapi saling melengkapi kekurangan pasangan, dan saling menutupi kekurangan itu dengan kelebihannya masing-masing.

    ReplyDelete
  18. Nama : Yohana Siallagan
    T : @MrsSiallagan
    Jawaban : Cinta sejati adalah cinta dari 2 insan yang menyatu murni karna perjuangan dari hati yang terdalam. Cinta sejati adalah rela berkorban satu sama lain demi kebahagiaan orang yang dikasihinya. Tak ada kepura-puraan, saling menjaga. Cinta sejati itu saling mengasihi dengan tulus menyayangi lebih dari dirinya.

    ReplyDelete
  19. Nama : Yanthy Chan
    Twitter : @YanthyChan

    Pertanyaan :
    “Apa cinta sejati menurut kalian?”

    Jawaban : Duhhh... berat kali kaka pertanyaannya xixiixiixi. Okay saya jawab. Cinta sejati adalah cinta yang di dalamnya ada kata SALING. Saling memahami, saling menyayangi, saling 'bertengkar' (bertengkar di sini dalam arti positif jadi masing-masing pasangan akhirnya tahu karakter asli pasangannya) saling jujur, saling mengingatkan, saling mendukung dan masih banyak lagi yang nantinya akan menuju pada satu kata bahagia atas restu Tuhan. Bila Tuhan sudah merestui bagaikan magnet, sejauh apa pun dipisahkan pada akhirnya akan bersatu jua. *Aiihhh dalemmm...

    Terima kasih



    ReplyDelete
  20. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica

    Cinta sejati menurut aku adalah cinta yg bahkan kematian pun tak bisa memisahkan mereka. Dalam artian dia masih bertahan untuk setia meski sang pasangan sudah mati, dan menghabiskan sisa hidup dengan kenangan indah brsama sang kekasih. Menunggu sang ajal datang mnjemput untuk memertemukan dgn sang kekasih yg sudah lebih dulu pergi.
    Cinta sejati adalah cinta yg sanggup bertahan dari terpaan angin badai masalah. Saling percaya, memberi, melindungi, mengasihi, dan melakukan apapun demi yg terkasih.
    Mungkin begitu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  21. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra

    Cinta sejati itu adalah cinta yang gak hanya berpedoman pada lamanya kebersamaan. Melainkan lebih pada menerima dan merelakan. Seberapa pun lamanya kebersamaan gak akan menjamin keutuhan sebuah ikatan percintaan. Karena pada dasarnya dalam sebuah ikatan cinta yang dibutuhkan hanya penerimaan terhadap apa yang akan didapatkan dari mencintai itu sendiri. Pun dilengkapi dengan kerelaan bilamana mencintai belum bisa berbalas dengan dicintai. Sebab, ketika mencintai kita juga harus bersiap untuk terlukai. Cinta sejati gak pernah memandang balasan atas kerelaan untuk mencintai, cinta sejati hanya berkisah tentang mencintai, mencintai dan mencintai, dicintai hanya bagian kecil penghargaan yang gak terlalu ia prioritaskan.

    ReplyDelete
  22. Nama : Nandia A
    Twitter : @nandia_ann

    Q : Apa cinta sejati menurut kalian?
    A : Cinta sejati itu menurut aku cinta yang murni, cinta yang benar-benar tulus dari dalam hati. Tidak mempunyai batasan apapun. baik usia, gender, status sosial maupun lainnya. Contoh paling mudah akan cinta sejati itu sering kita temui di kehidupan sehari-hari kita, Cinta orang tua pada anaknya. Bagaimanapun keadaan anaknya, orang tua akan selalu menjadi pihak pertama yang mencurahkan cintanya pada kita, anaknya.

    Terima kasih buat GA kerennya ini kak. Sukses terus buat kakak dan Penerbit Haru.. ^^
    Wish me luck !

    ReplyDelete
  23. nama :Ana Indriyani
    twitter : @anaindrinyani

    cinta sejati itu adalah siklus. contohnya saja seperti air, air itu menguap, terbawa angin, jatuh ke daratan, mengalir melalui sungai, dan kembali lagi kelautan. sama dengan cinta sejati, kadang kalanya ia menguap seakan-akan hilang dari hati, ada kalanya ia terbawa angin dan tergoda yang lain. Saat tertentu jatuh dan merasakan sakit yang luar biasa. tapi ia akan selalu mengalir dalam diri kita dan selalu tahu tempat ia kembali, tempat ia berasal. selalu berputar. tidak ada cinta sejati tanpa batu sandungan, tak ada cinta sejati tanpa ujian, cinta sejati adalah milik mereka yang tau tempat terbaik untuk kembali


    duh jadi meloo T.T
    Kak Rin g ada GFCnya ya ,,?

    ReplyDelete
  24. Elsita F. Mokodompit
    Cinta sejati adalah cinta yang diabadikan lewat ikatab suci. Kesejatiannya hanya bisa tergoyahkan oleh datangnya kematian

    ReplyDelete
  25. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya

    Cinta sejati adalah sebuah cinta yang mampu memahami dan menerima dengan tulus, serta melengkapi satu sama lain. Sebuah cinta yang mampu menyempurnakan kebahagiaan sekali pun si pelakunya--atau bahkan cinta dari salah satunya--tidaklah sempurna.

    Misalnya seperti seorang ibu yang baru melahirkan bayinya. Tak peduli mau sejelek/secacat apa pun anaknya. In the eyes of a mom, no matter how her baby look like, her baby is the prettiest baby on Earth. Every children is dear to their parents. When her baby looks different than the other babies, but she didn't think that for a second. She directly said, "our baby is so pretty". Saat anak nakal atau melawan, kasih sayang orangtua pun tidak pernah berkurang.

    Begitu pun sebaliknya. Every parents is dear to their children. Kalau ditanya, siapa lelaki paling kamu idolakan? Jawabnya tentu ayah. Masakan mana yang paling enak sedunia? Tentu masakan ibu. Sekali pun orangtua sering marah, terlalu overprotective, mengesalkan dll, pasti ada saatnya anak akan sangat merindukan orangtuanya ketika sudah jauh.

    Atau misalnya seperti bakti anak kepada orangtua, atau bakti suami/istri pada pasangannya, atau bakti adik kepada kakaknya. Saat salah satunya sakit, maka tanpa mengeluh mereka akan merawat dengan ketulusan. Misalnya ada seorang suami merawat istrinya yang sedang sakit parah. Saat ditanya mengapa ia merawat istrinya dengan begitu setia? Dia menjawab, "aku ingin jika aku sakit nanti dia juga mau merawatku dengan setia seperti ini. Oleh karena itu aku rela merawatnya duluan."

    Cinta sejati itu nggak selalu cinta dari manusia kepada sesama manusia. Bisa juga seperti cinta anak bangsa kepada negerinya sendiri. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dipunyai negeri ini, mereka tidak pernah malu untuk menjadi bagian dari sebuah bangsa. Ia akan melakukan yang terbaik untuk kebaikan negerinya.

    ReplyDelete
  26. Nama Reni Rahmat
    Twitter @RhenyRahmat
    Cinta sejati adalah janji suci dihadapan Tuhan. Cinta yang disatukan oleh takdir dan abadi sampai maut memisahkan. Cinta yang direstui oleh Sang Pemilik Cinta. Cinta sejati adalah ketika kita jatuh cinta berkali-kali pada org yg sama. Hati hanya berdetak pada orang yang sama. Dan seluruh pandangan mata hanya diisi oleh orang yang sama.

    ReplyDelete
  27. Bintang Maharani
    @btgmr

    True love never grows old.
    Old love does not rust.

    Cinta sejati adalah cinta yang tak pernah menua. Meski si pelakon cinta sudah berumur dan kata orang ‘bau tanah’, tapi cintanya tetap terasa seperti cinta anak muda yang penuh gairah dan semangat. Cinta sejati itu setia, layaknya magnet beda kutub yang tetap saling tarik menarik sehingga keduanya tidak akan pernah pergi jauh dari orang yang memang dicinta. Cinta sejati adalah penopang bagi 2 insan sehingga mampu memahami dan menerima satu sama lain serta mampu berjuang bersama melalui berbagai kesulitan yang dihadapi. Cinta sejati adalah cinta yang meski telah lama tumbuh berkembang namun ia tak pernah berkarat meski telah melewati berbagai masa. Tak ada tenggat kadaluarsa dan cinta itu tak akan pernah pudar bahkan setelah mereka tutup usia.

    ReplyDelete
  28. Nama: Dewi Indriani
    Twitter: @dwndrn_

    Cinta sejati ya? Cinta sejati itu, saat kamu lebih mencintai Tuhan-mu ketimbang dia. Cinta sejati itu, saat kamu mengutamakan Tuhan-mu di banding dia.
    Intinya, cinta sejati itu adalah kondis di mana kamu lebih mementingkan Tuhan-mu ketimbang egomu. Karena kamu paham, tak ada cinta benar-benar sejati terkecuali cinta Tuhan kepada hamba-Nya

    ReplyDelete
  29. Nama: Dewi Indriani
    Twitter: @dwndrn_

    Cinta sejati ya? Cinta sejati itu, saat kamu lebih mencintai Tuhan-mu ketimbang dia. Cinta sejati itu, saat kamu mengutamakan Tuhan-mu di banding dia.
    Intinya, cinta sejati itu adalah kondis di mana kamu lebih mementingkan Tuhan-mu ketimbang egomu. Karena kamu paham, tak ada cinta benar-benar sejati terkecuali cinta Tuhan kepada hamba-Nya

    ReplyDelete
  30. Nama:Rizki Aprilia Sari
    Akun twitter: @kikiapriliasari
    jawaban:

    menurut gue cinta sejati itu adalah cinta yg kuat yang kita rasakan kepada seseorang.kuat artinya kokoh. Seperti pohon hang kuat, gak perduli seberapa kencang angin yang berhemnus menerpanya, pohon itu akan tetap berdiri. Sama seperti cinta. Seberapa pun cobaan yang datang pada mereka (yang saling mencinta), cinta mereka akan kokoh, kuat abadi. Dan perasaan cinta itu setiap harinya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Bahkan hingga maut memisahkannya. Dan cinta sejati itu hanya pada satu orang saja. kalau udah lebih dari satu orang itu bukan cinta sejati. Namun perasaan cinta yang berdasarkan nafsu saja. Dan cinta yg seperti itu biasanya tidak akan bertahan lama.
    Kayak Chealse Glen gitu, banyak banget yang iri pada pasangan itu.

    ReplyDelete
  31. Nama:Rizki Aprilia Sari
    Akun twitter: @kikiapriliasari
    jawaban:

    menurut gue cinta sejati itu adalah cinta yg kuat yang kita rasakan kepada seseorang.kuat artinya kokoh. Seperti pohon hang kuat, gak perduli seberapa kencang angin yang berhemnus menerpanya, pohon itu akan tetap berdiri. Sama seperti cinta. Seberapa pun cobaan yang datang pada mereka (yang saling mencinta), cinta mereka akan kokoh, kuat abadi. Dan perasaan cinta itu setiap harinya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Bahkan hingga maut memisahkannya. Dan cinta sejati itu hanya pada satu orang saja. kalau udah lebih dari satu orang itu bukan cinta sejati. Namun perasaan cinta yang berdasarkan nafsu saja. Dan cinta yg seperti itu biasanya tidak akan bertahan lama.
    Kayak Chealse Glen gitu, banyak banget yang iri pada pasangan itu.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Like a Rainbow20 Oktober 2016 03.06
    Nama : rhaina annisa
    Akun twitter : @rainaanisa
    Jawaban :
    Apa itu cinta sejati? Simple, menurutku cinta itu yang datang nya benar benar tulus dari hati. Yang ga akan nati meskipun maut memisahkan. Cinta itu anugrah dari tuhan yang diberi tanpa alasan apapun dan cinta sejati pastinya cinta yang diridhai oleh tuhan. Love is amazing 😊 you can find a new world with a love 💖

    ReplyDelete
  34. nama: nurul astri
    akun twitter: @nurulastrirmdn

    bismillah, maaf sebelumnya aku mau menjawab dengan jawaban umum. karena cinta sejati itu bukan hanya tentang soulmate, namun bisa dengan siapa saja kan?☺

    cinta adalah bagaimana kita melihat dan menerima. cinta adalah mereka yang telah mengetahui semua kekurangan kita dan menganggapnya sebagai kelebihan. cinta adalah menerima kebiasaan buruk dan setiap perilaku kita. cinta adalah mereka yang paham akan ketakutan kita dan bersedia menggantikan perannya untuk membuat kita merasa nyaman.

    jadi, cinta sejati bagiku adalah dia (kekuatan) yang memperkuat sehingga dunia menjadi lebih nyata.

    ReplyDelete
  35. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy

    Cinta sejati adalah suatu perasaan yang lebih dalam daripada sekedar jatuh cinta. Cinta sejati bukan sekedar cinta, ia juga merupakan sebuah jalinan pertemanan. Seseorang itu harus bisa berperan tidak hanya menjadi cintanya, tetapi juga harus bisa menjadi temannya yang sedia mendukung dan mendengarkan.

    Cinta sejati adalah ketika kau sangat ingin menghabiskan sisa waktumu bersama seseorang. Saat kau menemukannya dalam keadaan sempurna, dan setiap ketidaksempurnaannya itu hanya alasan lain yang membuatmu lebih mencintainya. Saat senyumnya dapat menghilangkan beban masalahmu, dan saat-saat tiap kali hanya dengan memikirkannya sudah cukup membuatmu bahagia.

    ReplyDelete
  36. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta

    Cinta sejati adalah cinta yang murni. Segala sesuatu yang murni itu alami, apa adanya dan punya banyak "Khasiat". Ada yang bilang cinta sejati tak akan mati, aku maknai semua cinta memang tak akan lekang oleh waktu. Cinta sejati itu mencintai apapun seperti mencintai Dia dan dirinya sendiri

    ReplyDelete
  37. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta

    Cinta sejati adalah cinta yang murni. Segala sesuatu yang murni itu alami, apa adanya dan punya banyak "Khasiat". Ada yang bilang cinta sejati tak akan mati, aku maknai semua cinta memang tak akan lekang oleh waktu. Cinta sejati itu mencintai apapun seperti mencintai Dia dan dirinya sendiri

    ReplyDelete
  38. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynnlainy17
    Jawaban: Cinta sejati adalah rasa kasih sayang yang muncul dari lubuk hati yang terdalam untuk rela berkorban, tanpa mengharapkan imbalan apapun, dan dari siapapun kecuali imbalan yang datang dan diridhoi oleh Allah. Cinta juga merupakan suatu identitas dan asas iman, karena kita mencintai sesuatu atau seseorang karena Allah mencintainya.

    ReplyDelete
  39. nama:afifah khoiriyah
    Domisili Yogyakarta
    akun twitter: Afifah_1412
    Kini share :
    https://twitter.com/Afifah_1412/status/789149856572907520
    Pertama.Cinta sejati itu satu2ny. Tak ada dua. Tak ada tiga. Cinta sejati itu Tidak pasti cinta pertama tapi pasti cinta terakhirnya.
    Kedua.Cinta sejati tak memandang rupa, materi, hal2 objektif lain.
    Ketiga. Cinta sejati adalah anugerah Tuhan. Tak bisa dipungkiri... Dibenci adapun sejauh adapun ketemunya sama orang itu dan ketika dia pergi kau khilangannya
    Keempat. Cinta sejati terjalin sudah lama meski awalnya benci2an...mungkin ketika kecil naiknya sama orang itu
    Kelima. Cinta sejati selalu menemani hingga kita menghembuskan nafas terakhirnya
    Keenam. Cinta sejati tak peduli akan jarak dan waktu
    Ketujuh. Cinta sejati itu cinta yang suci. Cinta yang jujur. Cinta yang bisa memaafkan kesalahan dan kebohongan.
    Kedelapan. Cinta sejati tak mudah hilang apalagi move on. Namanya terpatri di hati dan tak ternodai oleh nama lain
    Kesemblian. Cinta sejati selalu menunjukkan bukti bukan hanya janji semata...

    ReplyDelete
  40. Nama : jawahirul arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Jawaban :

    Cinta sejati, menurutku
    Cinta yg tak berujung.
    Bisa juga cinta sejati itu Menunggu dan bersabar. Setiap orang bisa bilang 'aku cinta kamu' tapi tidak semua orang bisa menunggu dan bersabar untuk membuktikan cintanya.
    mendengar apa yg tidak dikatakan. Mengerti apa yang tidak dijelaskan, sebab cinta tidak datang dari bibir lidah atau pikiran. Melainkan dari HATI.

    ReplyDelete
  41. nama : Daisy S
    twitter: @Daisy_skys


    “Apa cinta sejati menurut kalian?”

    menurutku cinta sejati adalah perasaan tertinggi kastanya diantara semua perasaan yang ada . Perasaan yang suci yang memiliki kekuatan diluar akal/nalar .Tanpa alasan tanpa syarat .Dimana tidak ada keraguan dan selalu percaya .Bahkan orang lain mungkin tidak akan mengerti .
    Cinta sejati lebih dari jatuh cinta ala anak remaja , cinta karena fisik ataupun materi tapi lebih tinggi dari itu semua.Bahkan itu semua hanya potongan kecil dari bagian Cinta.Ada bagian yang lebih besar .Seperti cinta Pahlawan di jaman penjajahan dahulu yang mengorbankan dirinya untuk nusa dan bangsa .Tak perduli harta benda ,darah , nanah bahkan nyawa mereka ikhlas dan sedikitpun tidak meminta imbalan apalagi uang tip .

    Saya menemukan cinta sejati saya .Cinta yang selalu membuat saya rindu setiap saat , ingin mengabdi dengan segenap jiwa , ingin mengadukan keluh kesah, cinta yang membuat hati saya bergetar dan sesak lalu ingin menitihkan air mata saat ingat .Seperti cinta saya kepada Allah SWT , Tuhan yang mencintai saya apa adanya dan tidak pernah meninggalkan saya .Cinta saya kepada pria yang tidak akan pernah menyakiti saya dan mencintai saya mati- matian , Ayah .Wanita yang akan membesarkan saya tanpa imbalan sepeserpun ,Ibu .Seseorang yang lebih tua dari saya yang selalu membuat jengkel tapi kurindukan saat ia jauh , Kakak .Dan suatu hari nanti mungkin saya akan menemukan cinta sejati yang lain yaitu belahan jiwa yang akan menemani saya mengarungi samudera kehidupan hingga akhir.

    ReplyDelete
  42. Nama: Christina
    Twitter: @chrstna_a
    https://twitter.com/chrstna_a/status/789288343146082304

    Cinta sejati menurutku itu perasaan yang saling mencintai satu sama lain. saling berusaha untuk menjaga perasaan tersebut, berusaha untuk mempertahankan suatu hubungan dan melindungi satu sama lain. cinta sejati juga tidak bisa diucapkan dalam kata-kata saja. cinta sejati harus di tunjukan dengan suatu perlakukan / tindakan bukan hanya omongan saja. karena omongan tanpa perbuatan itu sama aja bohong, nggak ada bukti kalo yang bilang itu bener-bener punya cinta sejati pada pasangannya.

    cinta sejati juga nggak bakal membiarkan pasangannya menderita, sedih, nangis dan sebagainya. jika ada pasangan yang mempunyai 'cinta sejati' pasangan tersebut akan memahami satu sama lain. tidak memaksakan kehendak, nggak egois, nggak bakal maksa pasangannya untuk melakukan hal yang tidak disukainya.

    cinta sejati juga bakal nunggu, sabar dan menyemangati pasangannya. seperti jika salah satunya ingin melanjutkan kuliah ke luar negri / kerja di luar negri, maka yang bisa di lakukan hanya menyemangati dan menunggu pasangannya itu untuk pulang. cinta sejati juga nggak bakal membiarkan pasangannya khawatir karena ia tidak memberikan kabar mengenai dirinya.

    intinya kunci untuk menjalin suatu hubungan dan bukti untuk menunjukan cinta sejati itu saling percaya, tidak mencurigai satu sama lain, saling menunggu, saling sabar, nggak egois, dan saling memahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan kak (+)

      cinta sejati juga nggak bakal di dapetin dengan cara yang mudah. pasti ada proses yang menyakitkan dan menyenangkan terlebih dahulu. seperti menangis maupun tertawa bersama. dan juga kata 'bosen' atau 'nggak kuat' untuk menghadapinya. tapi hal itu merupakan suatu ujian untuk membuktikan cinta kita satu sama lain.

      Delete
  43. Nama : shanty Ary

    Akun Twitter : @_shantyary
    Answer : Cinta sejati. Duh... Kalo bicara soal ini jadi Inget kisahnya bapak Rudi Habibie dan Ibu Ainun. Kisahnya bener bener bikin ngiri. Cinta bapak Habibie begitu istimewa. Tidak semua atau bahkan sangat jarang cinta seperti yang dimiliki beliau kepada Ibu Ainun. Begitu juga sebaliknya. Saya berdoa semoga Tuhan masih menyisihkan satu laki-laki yang mempunyai kasih sayang dan cinta seperti itu. Amiin
    Loh.. kok jadi curhat.. Oke kembali ke cinta sejati , bagi saya cinta sejati adalah sahabat. Iya, sahabat. Perasaan cinta kepada sahabat menurut saya itu indah. Kenapa? Yang namanya sahabat, bukan orang asing lagi bagimu. Bukan orang baru yang harus berkenalan dan memulai rasa cinta dari awal. Sahabat kamu akan begitu tahu semua tentang dia,bagaimanapun dia, mulai dari sifat jeleknya, kebiasaan buruknya sampai sikap bak malaikatnya kepada kita. Semua itu kita tahu dengan baik. Meski kita mengetahui semua sifat dan sikap buruknya, kita tetap mau menyukainya ,tidak merasa risih. Cinta yang saling mengenal melalui perjalanan panjang. Itu istimewa. Jadi intinya cinta sejati adalah ketika kamu sangat mengenal dia, kamu tahu semua baik dan buruknya tapi bisa menerima itu dg baik. Bisa tersenyum atas kebiasaan konyol yg kadang bikin jengkel. Menerima baik bagaimana dia, seperti apa dia sebenarnya. Dan Didekatnya , kamu akan merasa aman, kamu merasa ada yg bisa diajak berjalan bersama bagaimanapun keadaannya. Dia bisa jadi Ayah, teman, musuh, sahabat, kadang manjanya seperti anak kecil tapi kamu menyukai itu. Kamu menyukai sikap kekanakannya ketika muncul. Itu cinta sejati bagi saya.

    ReplyDelete
  44. Nama : Gilang Maulani
    Twitter : @gemaulani
    Jawaban :
    Cinta sejati menurutku adalah cinta yang tak pernah lekang oleh waktu. Selalu bersama meskipun badai menerjang. Selalu setia terhadap pasangannya sekalipun maut memisahkan.

    ReplyDelete
  45. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_

    Cinta sejati itu muncul seiring berjalannya waktu yang dilewati bersama dalam suka dan duka. Karna cinta sejati tak dapat diukur hanya dengan sebuah ungkapan sayang.
    Cinta sejati tak dapat diungkapkan dengan kata-kata, namun bisa kita rasakan kekuatan cinta itu sendiri yang mampu menjadi benteng kokoh dalam sebuah jalinan asmara.
    Cinta sejati mengerti apa yang tak bisa dikatakan, mendengar apa yang tak bisa diucapkan.
    Cinta sejati tak hanya akan tersenyum ketika berjumpa, namun ia akan terharu hingga tak terasa menitikkan air mata kebahagiaan.
    Cinta sejati rela berkorban untuk kebahagiaan pujaan hatinya, namun ia akan tetap tersenyum untuknya meski hatinya hancur berkeping-keping.
    Cinta sejati sama halnya sepasang sepatu, meski berbeda kanan-kiri mereka akan tetap berjalan satu tujuan yaitu kebahagiaan.

    ReplyDelete
  46. Nama :Ratih M
    Twitter: @Jju_naa

    “Apa cinta sejati menurut kalian?”

    Cinta sejati menurutku adalah saat kita lebih mengutamakan/memprioritaskan (kebahagiaan) dia dibanding yang lain bahkan diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  47. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Jawaban:
    Cinta sejati??
    Cinta yang tidak diumbar lewat kata. Namun dibuktikan dengan sikap dan tanggung jawab terhadap pasangan masing-masing.

    ReplyDelete
  48. Nama : Alvanesya
    Akun twitter : @vanesyakeiko

    “Apa cinta sejati menurut kalian?”

    Cinta sejati itu cinta yang tulus dan datangnya dari hati. Bukan hanya sekedar rasa kagum yang berlebihan. Cinta sejati juga bukan seperti lampu neon yang akan redup sewaktu-waktu termakan usia. Tetapi cinta sejati itu ibarat matahari yang selalu bersinar yang menyalurkan sinar kebahagiaannya kepada bulan dan bintang agar mereka terlihat indah ketika langit mulai gelap.

    ReplyDelete
  49. Nama : Fakhrina FM
    Akun twitter : @fakhrina_fm
    Link share : https://twitter.com/fakhrina_fm/status/789456977185255424
    Jawaban :
    Cinta sejati menurut saya adalah cinta yang akan kokoh meskipun mendapat berbagai cobaan. Cinta yang setulus hati tanpa paksaan. Cinta yang mengandung 100% kasih sayang dan 100% ketulusan. Cinta yang membuat hidup didunia lebih indah dari sebelumnya. Dan cinta yang memiliki kadaluarsa yang sangat lama, serta cinta yang memiliki komposisi lebih sempurna.

    ReplyDelete
  50. Nama : Jauharotun Nohayayati
    Twitter : @JNihayati
    Link share : https://twitter.com/JNihayati/status/789479579370926081

    Bagiku cinta sejati adalah dia.
    Dia yg tulus memberi tanpa meminta imbalan,
    Dia yg selalu ada meski dalam situasi tidak di butuhkan,
    Dia yg menghangatkan saat dunia ini menjadi dingin,
    Dia yg lebih banyak memikirkan cintanya dibanding dirinya sendiri,
    Dia yg ikut terluka saat cintanya terluka,
    Dia yg menjadi sandaran kuat saat cintanya roboh dan dan hancur,
    Dia yg rela melihat cintany bahagia meski tak harus dengannya,
    Dia yg Selalu berdo'a agar cintanya bahagia.

    Terimakasih 😊

    ReplyDelete
  51. Wah sudah banyak yang bergabung. Sukses giveawaynya ya mba :)

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »