Eren's Play - Catur Manusia by Orihara Ran

9/18/2017

Blurb ________

Enomoto Eren adalah siswi yang sama sekali tidak menonjol di sekolah. Dengan kulit pucat penuh bintik merah bekas jerawat di kedua pipi, rambut kepang, dan kacamata berbingkai bulat, membuatnya semakin terlihat suram. Tapi, itu semua sebenarnya hanya riasan untuk melindungi dirinya dari sorotan.

Perjumpaan dengan Kiriya, salah satu pemuda populer di sekolah, membuat rahasia yang disimpan Eren rentan terbongkar. Daripada menentang, Eren malah menawarkan Kiriya untuk terlibat dalam permainan favoritnya: catur manusia.

Antara takjub dan penasaran, Kiriya mengikuti permainan Eren. Hingga ketika ia mengetahui rahasia Eren yang lain, sudah terlambat baginya untuk mundur dari board.

“Apa pun bisa saja terjadi. Tak ada yang dapat memprediksi akhirnya. Tapi bukankah itu yang justru membuat permainan jadi terlihat menarik?”

Judul : Eren’s Play
Author : Orihara Ran
Penerbit : Diva Press
Halaman : 320 hlm
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-391-424-1

Review ________

"Eren bukan orang yang suka mengumbar isi hatinya pada orang lain. Dia terlalu fokus pada orang-orang di sekitarnya, sampai-sampai dia lupa bagaimana cara memahami perasaannya sendiri.'' Hlm. 244

Eren's Play ini menceritakan dua kehidupan yang dijalani Enomoto Eren. Pertama, di sekolah dia adalah gadis transparan yang mungkin tidak terasa keberadaannya oleh teman sekelasnya sendiri. Penampilannya, seperti anak cupu dengan wajah yang selalu terlihat pucat. Kedua, di luar lingkungan pendidikan, Eren adalah seorang model yang cantik jelita. Seorang model professional yang sudah berkecimpung di dunia entertainment sejak kecil. Ada alasan dibalik dua peran yang dijalankan Eren selama ini.

Eren, memiliki hobi yang unik, yaitu permainan catur manusia. Sayangnya, justru karena permainan catur inilah yang membuat identitas terancam terbongkar saat Tezuka Kiriya menyadari keberadaannya dan permainan caturnya. Memaksa Eren mengajak Kiriya dalam menjalankan hobinya itu. 

Di dunia modeling pun Eren tidak membiarkan publik tahu tentang identitas dirinya yang sesungguhnya dan kehidupan keluarganya. Bahkan sahabat terdekatnya Satoshi dan Kiko. Eren gadis misterius, tak ada yang bisa menebak jalan pikirannya. Tapi, ada satu orang yang begitu memahami Eren, Reiga Braxton. Lelaki yang memiliki kekuasaan, dua kepribadian, dan sorotan matanya yang tajam selain mengintimidasi orang-orang. Membuat Eren sering mengalah pada Reiga.

Apa yang akan terjadi jika Kiriya mengetahui identitas Eren lainnya? Dan bagaimana reaksi Eren, saat kehadiran Reiga semakin intens saja? Ditambah rahasia besar Eren lainnya yang tak diketahui banyak orang.

Sejak membaca Aidoru no Sekai, aku langsung jatuh hati dengan tulisan Orihara Ran. Apalagi dengan series doki-doki game star! Riset yang dilakukan penulis benar-benar aku acungi jempol. Perfect!

Seperti Aidoru no Sekai, Eren's Play juga mengangkat tema yang berhubungan dengan dunia entertainment. Yang aku suka adalah dunia tentang entertainment-nya itu dapet banget. Gak sekedar Profesi belaka sehingga ceritanya dapat menyatu dengan pembaca.

Bagiku, Orihara Ran, penulis yang memiliki ide-ide unik dalam mengambil tema cerita. Membuat alur dan konfliknya tidak membosankan. Melainkan selalu penasaran dengan apa yang akan terjadi di akhir cerita.

Karakter tokohnya kuat. Eren selain misterius, dia adalah gadis yang ambisius dan tak segan berbicara blak-blakan sekalipun di depan orang yang memiliki kekuasaan besar. Kiriya, adalah siswa populer karenanya mengancam identitas Eren. Reiga, dia memiliki dua kepribadian yang di mana kepribadian yang satunya membuat Eren tak bisa berkutik. Ada juga, Satoshi, Kiko, Kanai, yang selalu mendukung Eren.

Overall, aku terhibur dengan kisah Eren ini. Walau ekspektasi di awal tak sesuai harapan. Seperti permainan catur yang dilakukan Eren kurang membekas dihati. Terlepas dari itu, novel ini rekomen loh. Untuk pesan yang dapat diambil dari kisahnya Eren ini adalah jika kita bersungguh-sungguh dan bekerja keras untuk mewujudkan mimpi, pasti mimpi itu akan tercapai, sesulit apa pun rintangannya.  

4* of 5* for Eren's Play 


You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »