Road To Your Heart – Love in Ho Chi Minh by Arumi E

1/30/2018

Blurb ___________

Judul : Road To Your Heart - Love in Ho Chi Minh
Author : Arumi E
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Halaman : iv + 251 hlm
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-03-7180-1
Genre : Romance 

Kevin Charles Wyler memulai perjalanan pertamanya menjelajahi Asia Tenggara ke Vietnam. Menjauh dari kerumitan masalah di kota kelahirannya, Los Angeles. Baru tiga hari di kota yang dulu bernama Saigon ini, lalu lintas ajaib Ho Chi Minh membuatnya celaka. 

Tatiana Rawnie menjejakan kaki untuk yang pertama kalinya di Ho Chi Minh, melakukan perjalanan bersama dua temannya, sekaligus menemui seseorang yang telah lima belas tahun meninggalkannya. 
Keduanya bertemu dalam perjalanan menuju tempat bersejarah peninggalan tentara Vietkong. Insiden yang mendebarkan dan terlarang di Chu Chi Tunnel membuat mereka terikat dalam perjalanan panjang dari Ho Chi Minh menuju Hanoi. 

Kevin, pemuda Amerika yang nyaris tak percaya Tuhan, dan Tatiana, muslimah asal Lombok, tak bisa mengelak dari perasaan saling suka yang perlahan tumbuh tak bisa dicegah. Segalanya hampir berjalan lancar andaikan Luce, gadis pirang dari masa lalu Kevin, tidak datang mengejar dan memaksa Kevin kembali ke LA. 

Pengakuan mengejutkan dari gadis Amerika itu membuat kepercayaan Tatiana pada Kevin goyah. Manakah yang harus dia percayai; cerita Kevin atau Luce? Bagaimanakah dengan misi Tatiana? Apakah dia berhasil berjumpa seseorang yang berjanji akan menemuinya di Ho Chi Minh? 

Story ___________

"Aku selalu senang melihat orang lain senang. Tawa yang tulus enak dilihat. Rasa gembira itu menular. Membuatku gembira juga.'' Hlm. 42 hlm 

Seperti biasa khas dari kisah-kisah yang disuguhkan penulis, aku sebut itu "manis." Sisi settingnya selalu lengkap tersaji. Contohnya di novel #AroundTheWorldWIthLove batch 4 ini. Wisata di Vietnam, dikulik habis oleh Tatiana dan tentunya bersama Kevin. 

Ya, vietnam mempertemukan mereka berdua. Saat traveling memang pertemuan yang tak terduga pasti terjadi. Bahkan dengan orang asing yang tak dikenal sama sekali. Yang memiliki perbedaan besar diri kita. Tapi, di sana kan serunya traveling? 

"Nah, aku ingatkan ya. Jangan sok anti nggak mau ketemu jodoh sambil traveling. Kalau nanti kamu benar terjerat cinta lokasi sama teman seperjalanan kamu, baru deh mengakui kalau kita-kita ini benar.'' Hlm. 39

Awal dari kedekatan Tatiana dan Kevin adalah saat berkunjung ke Chu Chi Tunnel yang juga terjadinya peristiwa yang tak diinginkan keduanya. Peristiwa yang membuat kupu-kupu mengoyak dalam perut. Lalu berlanjut ke Hanoi, karena Kevin memohon agar perjalanan selanjutnya ke Hanoi dilakukan bersama-sama. Semoga saja Kevin memang pria yang bisa diandalkan. Terpenting, tidak macam-macam. Karena bagaimanapun tujuan Tatiana ke Hanoi untuk bertemu dengan orang yang telah meninggalkannya.

Sampai saat ini pun aku masih envy sama Tatiana. Rasanya pengin berhenti kerja dan menjadi full traveler. Apalagi, saat berkunjung ke suatu tempat bisa ikutan jadi volunteer. Ah, baru tahu aku ternyata menjadi traveler tak perlu begitu hawatir masalah budget besar. Karena pergi kemanapun pasti bisa di minimalisir. 

Apalagi kalau ketemu cogan seperti Kevin. Lengkap sudah kebahagiaannya. Hmm.... sayang tak sesuai yang diharapkan Tatiana si. Karena tujuannya ke Hanoi tidak tercapai. Akhirnya Tatiana kembali menelan rasa kecewa. 

"Kamu tahu, kan? Manusia bisa membuat rencana sesempurna mungkin. Tapi terkadang ada kejadian tak terduga yang bisa membuat rencana itu gagal berantakan.'' Hlm. 124 

Tak diduga juga kembalinya dari Hanoi. Tatiana mendapati sebuah fakta bahwa Kevin ternyata sudah memiliki tunangan, Luce. Tak disangka selama ini Kevin berdusta yang mengakunya tidak punya kekasih. Eh, tapi kenapa Tatiana harus merasa bermasalah dengan semua fakta itu.

oww... mungkinkah Tatiana memiliki hati pada Kevin? Dan masih penasaran kan siapa yang akan ditemui Tatiana? 

Review ___________

Kisah kedua traveler ini sangat menyentuh. Tatiana ternyata memiliki masa lalu yang tidak mengenakan mengenai keluarganya. Namun yang membuatku salut adalah Tatiana menyikapinya dengan positif dia tumbuh menjadi perempuan yang dewasa. Masa kelamnya tidak dijadikan tameng untuk terjebak dalam kehidupan gelap. Yah, walaupun masih ada hal yang belum bisa Tatiana maafkan. Sedangkan Kevin tumbuh dari keluarga yang utuh, sayangnya Kevin tidak bisa menjadi dirinya sendiri. Karena kedua orang tuanya menginginkan Kevin untuk mengikuti jejak mereka. Akhirnya Kevin pun melarikan diri untuk keliling Asia. 

Dan di Vietnam keduanya bertemu. Cerita yang disuguhkan oleh penulis mengalir apa adanya. Aku suka cara Tatiana dan Kevin saling mengisi memberi masukan. Konfliknya tidak berat memang. Walau aku masih  greget dengan Luce.  

Endingnya, aku suka.

Overall, aku terhibur dengan kisah Tatiana dan Kevin. Seolah ikut bertualang dengan mereka mengelilingi vietnam. Terutama untuk urusan traveling, banyak informasi menarik yang aku dapatkan di sini. Rekomen yang suka cerita manis, dan unsur settingnya dapat banget.

Pesan yang aku ambil dari cerita ini adalah berpergian dan bertemu banyak orang sangat menyenangkan. namun, tetap menjadi diri sendiri. Pegang teguh keyakinan kita. Jangan tergoda hal yang merugikan, sekaligus di depan mata kita adalah seorang cogan. 


4* of 5* 

You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »