SILENCE – Penjaga Yuuki no Shima by Akiyoshi Rikako

8/02/2018


Judul : Silence
Author : Akiyoshi Rikako
Penerbit : Haru
Halaman : 332 hlm
Cetakan kedua, Februari 2018
Genre : Misteri
Novel Terjemahan 

Blurb _________________

Kenapa aku tidak bisa keluar dari pulau ini?
Miyuki dibesarkan di Yuki-no-Shima, sebuah pulau terpencil yang konon dilindungi oleh Simatama-san, dewa penjaga pulau. Miyuki yang bermimpi menjadi artis akhirnya keluar dari pulau itu dan tinggal di Tokyo, meskipun ditentang oleh kedua orangtuanya.

Setelah lama tidak pulang, akhirnya tahun ini Miyuki akan pulang bersama dengan Toshiaki, kekasihnya. Meski awalnya Miyuki tidak menyadarinya, tapi sepertinya Simatama-san tahu ada yang tidak beres dengan Toshiaki.

Apa pun yang terjadi, Shimatama-san pasti melindunginya, kan?

Review _________________

Novel Silence ini membuatku takjub. Penulis membangun kisah yang menarik. Walau sempat merasa aneh karena belum pertengahan sudah ketebak orang seperti apa kekasih Miyuki itu. apa si yang jadi misterinya? Jawabannya kembali ke blurb di atas. Maka akan ditemukan apa yang sebenarnya menjadi fokus.
Miyuki sebagai tokoh utama di novel kali ini.berasal dari pulau terpencil, Yuki no Shima. Di mana dia memiliki mimpi ingin menjadi artis. Secara fisik Miyuki bisa menjadi artis dengan kecantikannya dan suaranya yang merdu. Kalau kata orang sunda mah Miyuki teh bunga desa. Lebih bagus kalau bunga bank. *plakk* Sayang saat kesempatan baik ada di depan mata orang tua Miyuki tidak mengijinkan karena Miyuki harus tinggal di Tokyo sedangkan usianya saat itu belum genap 17 tahun. Menginjak dewasa Miyuki berjuang mewujudkan mimpinya di dunia entertaint. Lalu, bertemu dengan Toshiaki. Yang akhirnya membuat Miyuki kembali ke kampung halamannya.


Di sinilah semua misteri Yuki no Shima dimulai. Miyuki dihadapkan pada kenyataan yang pahit. Saat harus kembali ke Tokyo, tak pernah berjalan lancar. Selalu saja ada halangannya. Sebenarnya ada apa dengan pulau Yuki no Shima? Seolah Miyuki tidak diijinkan keluar pulau lagi oleh sang penjaga, Shimatama.

Endingnya, kejutan banget. Dan aku akan baca ulang untuk memastikan dengan kejadian yang sesungguhnya. Rekomen yang suka misteri.

Selain cerita yang seru, novel ini banyak memberikan pesan tentang mimpi dan keyakinan. Juga, bagaimana seorang pemuda harus membangun kampung halamannya agar dikunjungi banyak orang. Seperti di Yuki no Shima yang banyak salju. Salju di simpan untuk dapat digunakan di musim lainnya. Pokonya ide yang sangat brilian.

Rate :
4* of 5*

You Might Also Like

3 comments

  1. aku kurang paham dengan ending yang diberikan diakhir cerita. bagaimana nasib pacarnya tokoh utama. mungkin bisa minta tolong untuk dijelaskan (kalau disini jadi spoiler lewat email aja).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya itu ulah pemuda kampung. Menurutku, Toshiaki tidak pernah kembali ke Jepang. Dan di ending cerita, sepertinya Miyuki merencanakan hal yang serupa kepada kekasih Yaoyi. Cmiiw, ini hanya spekulasiku ya. Mohon maaf bila spekulasiku sangat 'suudzon' 😭🙏

      Delete
  2. *tidak pernah kembali ke Tokyo

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »