Flashes of Life, 99 Cerita Hidup dan Mati - Kumpulan Flash Fiction

4/07/2019


Judul : Flashes of Life, 99 Cerita Hidup dan Mati
Author : Carolina Ratri, Winda Reds, Aimee KK, DKK.
Penerbit : Stiletto (Indie Book)
Halaman : 229 hlm
Tahun : 2018
Kumpulan Flash Fiction

Blurb


Setiap manusia akan melewati berbagai tahapan dalam hidupnya; lahir menjadi anak-anak dan tumbuh menjadi remaja. Saat ia mencari cinta, saat ia menemukan cinta, saat akhirnya ia melabuhkan cinta.

Kemudin ia akan melanjutkan hidupnya lagi saat sudah hidup bersama orang-orang yang dicintainya, bagaimana ia harus menjalin hubungan dengan manusia yang lainnya. Dan, saat ia menjelang akhir perjalanannya, hingga akhirnya, semua benar-benar berakhir. Berakhir, dan manusia itu pulang. Pada-Nya yang telah memberikan hidup.

Inilah kisah-kisah mereka.


Review


Sudah lama gak buat flash fiction dan buku kumpulan FF Flashes of Life, 99 Cerita Hidup dan Mati ini membuatku terkenang. Rindu saat pertama kali mengenal jenis cerita yang dibuat unik dengan aturan tersendiri saat membuatnya.

Ada 9 tema berbeda yang sangat menghibur. Diantaranya adalah Anak & Remaja, Jomlo, Jatuh Cinta, Menikah, Keluarga, Profesi, Ulang Tahun Perkawinan, Kakek Nenek, dan tema terakhir adalah Kematian. Lalu, ditutup dengan biodata para penulis Flashes of Life.

Tidak hanya kisah-kisah yang menyentuh dengan ending yang mengejutkan, dapat ditebak, atau beraliran surealis. Dalam buku ini ada tips tentang menulis cerita flash fiction. So, buat kamu yang pengin coba buat, bisa banget langsung dipraktekkan.

Berikut ini beberapa flash fiction yang aku suka.

Di Bab Anak & Remaja, ada dua flash fiction yang akan membuatmu tercubit jika punya anak. Cerita dari Marina Yudhitia yang berjudul "Ckrek!Ckrek!" Dan karya Meta Cha berjudul "Reza Ingin Seperti Ibu" membuat pembaca harus lebih hati-hati jika berprilaku di depan anak. Karena kebanyakan anak, panutan pertamanya adalah orang tua. Jika yang diikuti hal baik tentulah tidak masalah. Tapi jika hal yang berbau keburukan tentu bukan hal yang benar. Bahkan setiap orang tua selalu ingin anaknya lebih baik.

Di Bab Jatuh Cinta, ada karya Mba Carolina Ratri panutanku dalam buat FF (maaf ya mba Carra aku memang fansjmu). Judulnya "When I Look Into Your Eyes". Di sini endingnya aku suka karena sureal gitu.

Selanjutnya, di Bab Kakek Nenek masih cerita dari Mba Carra dengan judul "Obrolan Tujuh Puluh Lima Tahun". Di sini cerita tanpa narasi. Namun berbentuk percakapan dengan ending yang tidak terduga. Sukses membuat tebakanku salah. Wkwkk

Cerita yang lainnya tidak kalah seru, loh. Kan, tidak mungkim dibahas satu-satu di sini. Lebih baik baca bukunya langsung, ya.


Overall, aku terhibur banget dengan kumpulan flash fiction di Flashes of Life, 99  Cerita Hidup dan Kematian. Banyak manfaat yang dapat diambil tentang hidup. Btw, suka banget dengan sampul bukunya. Yang belum baca, ayo adopsi.

Rate
4* of 5*

You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »