Berani Nulis Artikel - Ubah Hobi Jadi Profesi Karya Muyassaroh

5/06/2019



Judul: Berani Nulis Artikel - Ubah Hobi jadi Profesi 
Penulis: Muyassaroh 
Penerbit : Loka Media
Halaman : 184 hlm
Cetakan : 1, April 2019
Non Fiksi  

Blurb ________


Satu kata untuk buku ini ''KECE". Ya, kata ini sangat cocok untuk buku yang sarat akan ilmu menulis. Tak banyak yang berhasil menjadi penulis, terutama penulis artikel. Namun, di buku ini sangat jelas alur untuk menjadi seorang penulis yang sukses dan berpenghasilan. Selain itu, banyak contoh artikel yang bisa di-ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Kamu yang memiliki hobi dan passion menulis, wajib banget punya buku ini! 
Steffi Budi Fauziah - writer & lifestyle blogger 

Benarkah hobi menulis bisa menjadi sebuah profesi yang menghasilkan? Kemampuan menulis memang tidak bisa diremehkan. Ternyata, hobi menulis yang ditekuni juga bisa menyumbangkan pundi-pundi rupiah yang bahkan bisa lebih besar daripada pegawai kantoran. Buku ini tidak hanya mengajarkanmu cara menulis artikel yang benar, tetapi juga membantumu untuk mendapatkan penghasilan dari hobi menulis.

Review ________

Aku setuju dengan Mba Steffi bahwa buku Berani Nulis Artikel ini memang ''KECE'' badai. Penulis membimbing kita yang hobi menulis agar berpenghasilan. Menulis tidak sekedar menjadi kegemaran belaka, tetapi bisa menjadi profesi yang menjanjikan.

Di zaman yang serba mengandalkan teknologi wadah menulis tidak hanya pada buku-buku fisik. Ada media sosial dan platform berita lainnya yang hanya mengandalkan internet ini dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi menulis. Oleh sebab itu jangan sia-siakan curhatan atau coretan dibuku menjadi koleksi pribadi saja. Siapa tahu di luar sana banyak orang yang membutuhkan informasi dari tulisan kita. Barangkali tulisan kita akan mengantarkan pada mimpi besar lainnya yang belum terwujud. Kita tidak akan pernah tahu jika tidak mencoba.

Perkara menulis memang terkesan mudah. Dalam prakteknya butuh komitmen dan perjuangan agar selalu konsisten, terutama saat menjadikan hobi menjadi profesi. Tenang saja Mba Muyassaroh, selaku penulis akan memberikan tipsnya di buku Berani Nulis aArtikel ini. Seperti beberapa poin di bawah ini sebagai pemanasan dalam membakar semangatmu untuk menulis:

1. Ikuti Passion Kamu

Menulis itu mudah, apalagi jika kita mengikuti passion yang dimiliki diri sendiri. Pertama kita bisa memulainya dari sini, tulislah tentang apa yang disukai dunia traveling, kah? Dan lainnya.

2. Berani Bermimpi

Dalam buku ini tercantum quote dari Andrea Hirata.

"Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.'' 

Setuju, dong. Tanpa mimpi kita akan kesulitan menentukan tujuan.

3. Motivasi Diri

Jangan salah, loh. Memotivasi diri sendiri itu lebih utama karena akan lebih melekat dalam diri.

4. Berpikir Positif 

Menjadi seorang penulis harus selalu berpikir positif. Usaha tidak akan membohongi hasil.

5. Jangan Menyerah 

Tidak beda jauh dengan poin 4, menyerah jangan sampai tersemat dalam diri kita. Lelah saat menulis boleh saja, tapi jangan berhenti begitu saja. Segala sesuatu itu perlu proses yang tidak mudah.

Adapaun hal penting lainnya tentang dunia menulis bisa baca langsung di buku ini. Buku ini akan memberi dorongan motivasi agar kita bisa menulis dan menulis walau kesibukan utama tidak terhindarkan. Selain tips menulis yang baik, disuguhkan contoh-contoh tulisan yang bisa lolos ke media online. Tentunya media online yang menghasilkan dolar atau rupiah.

Dibawakan dengan mudah dan ringan, buku Berani Nulis Artikel bisa dibaca oleh semua kalangan. Dari anak muda hingga dewasa. Dari penulis pemula hingga yang sudah profesional.

Selain kece, buku ini asyik. Buktinya dengan jumlah 184 halaman ini bisa aku selesaikan hanya dalam dua jam. Biasanya untuk buku non fiksi butuh 2-3 hari sekalipun halamannya sedikit. Hal ini dikarenakan penulis membawakannya tanpa menggurui seperti buku Agar Suami Tak Mendua yang reviewnya sudah diposting di blog Tomojikan.

Kekurangan buku ini kurang tebal. Ada beberapa point yang kurang dalam penjelasannya seperti menentuka judul yang menarik. Memang bisa belajar sendiri dari contoh-contoh artikel yang tercantum. Hanya saja kurang puas dengan ilmu yang didapat (pembaca serakah. *tsah). Pun, di Bab editing, penulis tidak memberikan info tips editing yang pas. Mungkin bisa buat buku lanjutannya. Hehe.

Overall, aku sangat menikmati isi bukunya. Semua hal yang tertulis di sini bisa diambil sepenuhnya. Ada pesan yang membuat para penulis tidak menyerah sebelum berperang. Awas baper!

"...Jika kamu tidak bekerja lebih giat, tidak mau berlari sementara yang lain sudah berlari kencang, maka kamu akan kalah, ditinggalkan, dan keinginanmu hanya sekedar mimpi belaka.'' Hlm. 179 

Benarkah mimpi itu hanya akan menjadi mimpi saja?
Jawabannya ada pada buku ini dan dirimu sendiri.

Rate  ________

4* of 5*

You Might Also Like

3 comments

  1. Masalahnya, meskipun aku suka nulis. Kalau udah di target itu rasanya pushhhiiingg tujuh keliling, wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena bukan passion ya, jadi langsung menganggap target tersebut harus digarap dengan mindset kerja bukan bermain (alias menjalankan hobi)

      Delete
    2. Bisa dibuat outlinenya biar gak pusing. Hehe

      Delete

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »