The Secret of IKIGAI - Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang

2/13/2020



Judul: The Secret of IKIGAI 
Penulis: Irukawa Elisa
Penerbit: Araska 
Halaman: 224 hlm
Tahun: Cetakan 1, Mei 2019
Genre: Self Improvement 

Blurb ____________

Kebahagiaan adalah hal yang paling banyak dicari sebab kebahagiaan mampu menurunkan tingkat kematian seseorang. Orang Jepang berpandangan bahwa kepandaian menentukan bagaimana seseorang menciptakan kebahagiaan bagi diri mereka sendiri. Dan, kita tahu, indeks kebahagiaan orang Jepang menunjukan tingkat yang tinggi dan lebih berkualitas. Maka, tidak heran jika kita melihat bahwa daya hidup mereka juga cenderung lebih lama.

Di antara rutinitas yang berkelindan, waktu yang berjalan semakin cepat, seseorang akan cukup kesulitan menemukan tujuan hidup dan kebahagiaannya. Ikigai adalah ilmu penting yang diterapkan masyarakat Jepang dalam situasi yang serba cepat dak semerawut untuk mencapai tujuan hidup dan kebahagiaan.

Buku ini adalah buku yang tepat untuk Anda baca. Di sinilah Anda akan mengetahui ilmu ikigai. Ikigai akan membantu anda akan menemukan tujuan hidup Anda dan kebahagiaan Anda. Ikigai mengajarkan hidup lebih mandiri, bermanfaat untuk diri sendiri dan juga untuk lingkungan. Inilah ikigai, rahasia hidup bahagia, panjang umur dan penuh makna.
Selamat membaca!

Review The Secret of Ikigai


"...Cukup dengan bertanya pada diri sendiri, akan menemukan ikigai.'' Hlm. 20 

The Secret of Ikigai adalah buku self improvement yang wajib untuk dibaca. Isinya mengandung banyak gizi untuk memaknai kebahagiaan dalam hidup dengan konsep ikigai layaknya orang Jepang yang pada umumnya memiliki umur panjang.

Ya. Kolegaku banyak yang sudah berumur di atas 60 tahun, namun mereka masih bekerja. Atasanku sendiri usianya saat ini adalah 74 tahun, namun beliau masih ingin bekerja hingga usia 80 tahun. Suge.

Nah, untuk mengungkap rahasia tersebut, buku ini salah satu jawabannya. Memiliki umur panjang dan bermanfaat untuk orang-orang disekitar kita, kenapa tidak?

Pada dasarnya konsep ikigai adalah menemukan kebahagiaan dari hal sederhana. Dengan banyak bersyukur terhadap hal apa pun yang kita terima, selalu berfikir positif, melakukan hal-hal yang disukai dan tentunya orang lain ikut merasakan dampak positif dari apa yang kita lakukan.

"Keberanian bukanlah tidak adanya rasa takut, tetapi keberanian adalah meski kita takut, kita terus melangkah.'' Hlm. 197

Hidup seperti air yang mengalir dan dapat menjaga komitmen serta keteguhan hati (kodawari). Lalu dapat menghargai hal-hal kecil. Terkesan sederhana, namun seringnya banyak diabaikan.

Baca Juga : Jalan Pendaki by Acen Trisusanto

Dalam buku The Secret of Ikigai terdapat 5 Bab pembahasan mengenai Ikigai. Adapaun garis besarnya adalah sebagai berikut:

1. Menguasai Konsep Ikigai

Sebelum menerapkan ikigai dalam kehidupan sehari-hari. Alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu ikigai itu sendiri.

2. Menentukan tujuan hidup dan membongkar segala hal yang berkaitan dengan semangat hidup

Di Bab kedua ini para Readers akan diajak untuk kembali menentukan tujuan hidup, mengelola emosi agar selalu berfikir positif dan mampu menghindari segala prasangka buruk.

3. Fokus pada hal-hal yang disukai

Daripada terlalu sibuk dengan hal-hal yang membebani diri, kenapa kita tidak mencoba fokus dengan hal-hal yang kita sukai saja. Walau masalah akan selalu datang, setidaknya tidak begitu berat karena kita melakukan hal sesuai dengan apa yang kita minati.

Di sinilah kita akan belajar konsep air mengalir dan kodawari.

4. Menggali Kemampuan 

Jarang orang yang mampu menggali kemampuannya. Entah karena terlalu nyaman dengan keadaan yang sekarang atau faktor lainnya. Nah, bagaimana jika Readers mencoba menggali dan membongkar kemampuan yang tersembunyi dalam diri karena mungkin kemampuan tersebutlah yang akan membuat kita bahagia.

"Jangan pernah takut untuk memulai. Kita tidak akan menemukan sumber masalah yang sesungguhnya, jika tidak pernah dimulai.'' Hlm. 154 

5. Timbal balik Ikigai 

Ada sebab pasti ada akibat. Begitu juga dengan Ikigai, pasti ada timbal baliknya. Seperti yang disebutkan di atas, orang yang menjalankan Ikigai akan memiliki umur panjang, produktif, menjadi pribadi yang lebih disiplin dan lainnya.

Pembahasa di atas lebih dari cukup untuk kita memulai hidup Ikigai. Sungguh buku yang bergizi untuk dilahap. Terlebih tulisannya mengalir dan mudah dipahami. Walau aku menemukan banyak typo tapi tidak begitu mengganggu.

Overall, banyak hal yag dapat dipelajari dari buku The Secret of Ikigai. Seperti terlahir kembali untuk memulai hidup penuh kebahagiaan dengan menysukuri segala hal. Walau sekecil ujung jari kuku.

"Segala sesuatu jika tidak disyukuri akan menjadi beban dan melelahkan.'' Hlm. 36 

Pesan yang dapat diambil dari buku ini banyak banget. Selalu bersyukur, bersyukur dan bersyukur, disiplin, menghargai hal kecil, berprasangka baik, optimis dan masih banyak lagi. Silahkan baca bukunya. Rekomendasi!

Rate: 

4* of 5*

You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »