Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat by Mark Manson

4/23/2020



Judul : Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat
Penulis : Mark Manson
Penerbit : Grasindo
Alih Bahasa : F. Wicakso
Halaman : 247 Hlm
Tahun : Cetakan XXXI, November 2019
ISBN : 978-602-452-698-6
Self Improvment

Blurb ____________

Dalam buku pengembangan diri yang mewakili generasi ini, seorang blogger superstar menunjukan pada kita bahwa kunci untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik dan berhenti memaksa diri untuk menjadi ''positif'' di setiap saat.

Selama beberapa tahun belakangan, Mark Manson-melalui blognya yang sangat populer-telah membantu mengoreksi harapan-harapan delusional kita, baik mengenal diri kita sendiri maupun dunia. Ia kini menuangkan buah pikirnya yang keren itu di dalam buku hebat ini.

Manson melontarkan argumen bahwa manusia tak sempurna dan terbatas.  Begini tulisnya, ''tidak semua orang bisa menjadi luar biasa-ada para pemenang dan pecundang di masyarakat, dan beberapa di antaranya tidak adil dan bukan akibat kesalahan Anda.'' Manson mengajak kita untuk mengerti batasan-batasan diri dan menerimanya-baginya, inilah sumber kekuatan yang paling nyata. Tepat saat kita mampu mengakrabi ketakutan, kegagalan, dan ketidakpastian-tepat saat kita berhenti melarikan diri dan mengelak, dan mulai menghadapi kenyataan-kenyataan yang menyakitkan-saat itulah kita mulai menemukan keberanian dan kepercayaan diri yang selama ini kita cari dengan sekuat tenaga.

"Dalam hidup ini, kita hanya punya kepedulian dalam jumlah yang terbatas. Makanya, Anda harus bijaksana dalam menentukan kepdulian Anda.'' Manson menciptakan momen perbincangan yang serius dan mendalam. Dibungkus dengan cerita-cerita yang menghibur dan ''kekinian'', serta humor yang cadas. Buku ini merupakan tamparan di wajah yang menyegarkan untuk kita semua, supaya kita bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih memuaskan, dan apa adanya.

Mark Manson adalah seorang blogger kenamaan dengan berjuta-juta pembaca. Ia tinggal di New York. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat adalah buku pertamanya.

Baca juga : The Secret of Ikigai - Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang

Review ____________

"Jika kita tidak bersedia untuk gagal, kita pun tidak bersedia untuk sukses.'' Hlm. 175

Sebua Seni untuk Bersikap Bodo Amat adalah buku self improvement yang akan mengajak pembaca untuk memaknai sebuah hidup. Hidup yang tak mudah dan sering kali kita menyerah atas setiap hal yang sedang diperjuangkan. Sering kali kita memedulikan apa kata orang, sehingga lupa bahwa hidup adalah tidak hanya tentang bagaimana pandangan orang lain terhadap kita. Sesungguhnya hidup adalah tentang bagaimana kita menjalaninya.

Buku karya Mark Manson ini tidak mengajarkan kita untuk benar-benar masa bodo atau tidak peduli tentang hidup. Melainkan ada 3 hal yang harus dipahami, yaitu:

1. Masa bodoh bukan berarti menjadi acuh tak acuh. Melainkan nyaman saat menjadi berbeda. 

Ya. Setiap orang pasti pernah merasa iri dengan orang lain. Ingin melakukan hal yang juga dilakukan orang lain. Sehingga kita lupa terhadap hal yang sebenarnya bisa kita lakukan. Hal yang benar-benar bisa membuat bahagia. Hal-hal yang ingin dilakukan. Jika hal tersebut menjadikan kita berbeda denga orang lain, maka lakukanlah. Kita hanya perlu masa bodoh dengan hal yang tidak bermakna.

2. Untuk bisa mengatakan ''bodo amat'' pada kesulitan, pertama harus peduli terhadap sesuatu yang jauh lebih penting dari kesulitan. 

Siapa si yang tidak pernah mengalami kesulitan. Terkadang ingin diabaikan begitu saja, ''masa bodoh'' dengan kesulitan. Oleh sebab itu walau dihimpit kesulitan maka pikirkanlah apa yang lebih penting untuk dipedulikan. Saat sesuatu yang penting tersebut sudah ditemukan maka itu akan menjadi salah satu cara untuk lebih produktif dalam memanfaatkan waktu.

3. Entah disadari atau tidak, kita selalu memilih hal untuk diperhatikan. 

Sering kali mempermasalahkan hal-hal kecil yang menimpa diri kita. Seperti warna sepatu yang tidak cocok dengan warna celana. Hal-hal kecil selalu menciptakan suatu masalah yang membuat stres. Jadi, bagaimana jika kita lebih mensederhanakan hal-ha yang lebih penting untuk diperhatikan. Suatu hal yang akan lebih membahagiakan dalam hidup. Seperti hubungan dengan keluarga dan menjalankan hobi yang akan membuat hidup lebih bermakna.

Selain tiga hal di atas Mark Manson juga mengajak pembaca untuk memaknai banyak hal seperti arti sebuh tanggungjawab, berhati-hati dengan apa yang dipercayai, cara membangun kepercayaan, menyikapi kegagalan dan masih banyak lainnya.

"Permasalahan membuat hidup kita lebih bermakna dan penting. Karena itu menghindari masalah justru menuntun kita kepada suatu kondisi yang hampa makna (bahkan meskipun di satu sisi menyenangkan)." Hlm. 100 

Baca Juga : Jalan Pendaki - Perjalanan Sang Pendaki

Dibawakan dengan santai dan diselipi tentang kehidupan pribadi sang penulis. Membuat pembaca menjadi lebih memaknai pesan yang disampaikan Mark dalam bukunya ini. Ada hal-hal yang membuat diri setuju dengan Mark, namun ada beberapa hal juga yang aka asyik jika didiskusikan.

Overall, buku ini sangat seru untuk memahami diri sendiri. Untuk lebih memaknai hidup dari sudut pandang yang lebih sederhana dengan tidak melupakan hal-hal penting di dalamnya. Tidak meninggalka norma-norma yang berkembang dalam kehidupan bersosial.

Buku yang asyik dan tidak bosan untuk dibaca berulang kali.  Sangat rekomendasi untuk kamu yang butuh motivasi. Seperti dalam sinopsis di atas buku ini menampar pembaca menjadi pribadi yang menregarkan. Mungkin kamu bisa menemukan apa yang lebih penting untuk diperjuangkan. So, mari maknai hidup kita dengan hal-hal yang akan membuat hidup kita bahagia.

Rate : 
*****

You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »