Jack Ma & Alibaba - A Business and Life Biography

5/06/2020



Judul: Jack Ma & Alibaba - A Business and Life Biography 
Penulis: Yan Qicheng 
Penerbit : Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Irene Christin 
Halaman : 176 hlm 
Tahun : Cetakan kedua, Maret 2019
Sebuah Biografi Tentang Bisnis dan Kehidupan 

Blurb ______________

Sekarang ini Jack Ma (Ma Yun) adalah salah satu raksasa dalam dunia internet. Perusahaannya, Alibaba, telah menjadi platform e-commerce terbesar di dunia. Berkembangnya Jack Ma dan Alibaba merupakan bagian integral dari majunya perekonomian internet Tiongkok. Buku ini mengisahkan pengalaman hidup Jack Ma, kariernya sebagai pengusaha dan proses keseluruhan didirikannya Alibaba. Dengan berada di balik layar, penulis menunjukkan bagaimana Jack Ma menumbangkan tradisi dan membangun Alibaba hingga menjadi raksasa, yang memecahkan rekor dunia sebagai penawaran saham publik terbesar di dunia saat IPO Alibaba berlangsung di New York pada tahun 2014. 

Kebangkitan dan pengaruh ekonomi Cina merupakan salah satu perkembangan terpenting ekonomi global dalam waktu belakangan ini. Seri ''China's Disriptors'' menelaah tentang kontribusi penting para pengusaha dan perusahaan swasta ternama Cina terhadap perkembangan ekonomi negeri tersebut. 

Review ______________

"Aku mengerti. Sepertinya sedikit kegilaan adalah jalan menuju sukses. Kita perlu mimpi-mimpi besar, gairah dan strategi yang baik.'' Hlm. 98

Siapa si yang tidak mengenal Jack Ma,  namanya mendunia setelah keberhasilannya membangun Alibaba. Bahkan, di internet bisa mudah ditemukan tentang biografi Jack Ma yang berperan penting terhadap internet marketing. Dalam buku Jack Ma & Alibaba inilah dikupas dengan lengkap dari kesulitannya, hingga kesuksesannya. 

Jack Ma, sejak masih muda senang memberikan tour gratis untuk para turis asing di Hangzhou. Jack Ma ingin sekali memperbaiki bahasa inggrisnya dan berbicara dengan turis asing adalah pilihan yang tepat. Jack Ma mungkin tidak begitu mahir dengan pelajaran lainnya terutama matematika, namun bahasa inggrisnya sangat baik. 

Awalnya Jack Ma bekerja mengantarkan majalah dengan mengendarai sepeda, karena kegagalannya untuk bekerja sebagai penjaga keamanan. Namun, ayahnya mendukung Jack Ma untuk berkuliah. Dari sanalah awal mula karir Jack Ma. Kelihaian saat berbicara di depan umum membuat Jack Ma menjadi seorang dosen, lalu dia membuka jasa biro penerjemahan Haibo.  

Jala yang tidak mudah bahkan Jack Ma harus berdagang untuk membayar gaji karyawan. Dia pun terus mendatangi klien menawarka jasa penerjemahan. Tentunya usaha yang tidak mudah, namun pengorbanannya membuahkan hasil. Hingga di taun 1996 biro penerjemahan tersebut adalah yang terbesar di Hangzhou. 

"Jangan Pernah Menyerah.'' 

Kalimat di atas tertulis dalam website Haibo hingga kini. Ya, Jack Ma adalah orang yang pantang menyerah, dia selalu berusaha hingga akhir agar tercapai segala tujuannya. Hal positif tersebut tentunya dapat kita ambil hikmahnya dan dijalankan. 

Di saat Tiongkok mulai membuka diri terhadap dunia luar, Departemen Komunikasi Zhejiang mencari Jack Ma. Hal tersebut untuk berkomunikasi denga investor asing, dan Jack Ma adalah orang dengan keahlian bahasa inggris yang bagus. Namun, saat proses komunikasi tersebut di Amerika, Jack Ma merasa tidak yakin. Terlebih uangnya tinggal 25 sen. 

Lalu, dengan 25 sen tersebut Jack masuk ke sebuah kasino dan memasukan satu per satu koin ke mesin slot. Siapa sangka, di koin ke 23 Jack Ma mendapatkan 600 dolar. Sebua keberuntungan yang tidak terduga. Lalu dia pun terbang ke Seattle menemui temannya Bill. 

Dari sana keberuntungan lainnya memihak Jack Ma, di mana dia mulai mengenal internet. Hal pertama yang dilakukan Jack Ma adalah membuat website biro penerjemahannya Haibo. Karena internet, kepala Jack Ma dipenuhi denga ide-ide cemerlang. Salah satunya adalah informasi tentang bisnis-bisnis di Tiongkok, dan menggugahnya dalam sebuah website. 

Idenya itu membuat beberapa orang merasa tidak yakin karena saat itu tidak ada seorang pun yang menggunakan internet. Termasuk pemerintah, namun Jack Ma adalah orang denga ambisi yang tinggi. Dia ingin melakukannya, karena bagi dia, hal tersebut dapat dicoba terlebih dahulu. Jika tidak berhasil barulah menyerah. 

Dengan moda 100.000 yuan, terciptalah website komersial bernama China Yellow Pages. Perlahan internet mulai masuk, dan beberapa perusahan internet muncul membuat persaingan yang tidak mudah. Modal yang sedikit membuat perusahaan besar West Lake Network hampir menghantam China Yellow Page. Akhirnya Jack Ma menyetuji penggabungan China Yellow Page denga West Lake Network. Hanya 30% saham yang dipegang China Yellow Page. 

Setelah itu Jack Ma pun mundur. Bersama denga 8 orang kepercayaan di China Yellow Pahe, mereka pergi ke Beijing dan bergabung dengan kementrian perdagangan internasional untuk mengelola website perusahaan. Website pemerintahan tersebut memang mengalami kemajuan, namun masih jauh dalam mimpinya untuk menciptakan platform e-commerce yang dapat memengaruhi dunia. 

Hanya satu tahun, Jack Ma dan timnya bertahan dan memilih untuk mundur. Lalu, dimulailah perjalana yag sesungguhnya. Menciptakan perusahaan e-commerce terbesar yaitu Alibaba. Perusahaan yang masih bertahan hingga saat ini. 

Lika-liku memajukan dan mempertahankan Alibaba pun tidak mudah. Dari kurangnya modal untuk menjadikan Alibaba lebih besar, Wabah SARS yang menimpa salah satu karyawan dan membuat Jack Ma memutuska untuk menerapkan sistem bekerja dari rumah yang sekarang terkenal dengan sebutan work from home, menjangkau pasar lebih luas sehingga terciptalah search engine, dan keadaan ekonomi dunia yang ikut mempengaruhi.  Namun, Jack Ma adalah orang yang selalu beripikir positif. 

"Kami terus yakin bahwa selama kami tidak pernah menyerah, peluang akan datang. Kami mungkin menderita hari ini dan besok, tapi lusa akan menjadi hari yang baik, jadi jangan menyerah hari ini.'' Hlm. 128

Begitulah Alibaba yang berkembang karena di dalamnya ada seorang CEO yang memiliki ide-ide cemerlang, ide yang out of the box. Yakin terhadap hal yang akan membawa perubahan besar di masa depan, seperti keyakinannya pada internet. Sebuah kesempatan yang menjadi peluag besar dalam dunia bisnis. Serta sifat pantang menyerah yang selalu tertanam kuat dalam dirinya. Terlebih Jack Ma sangat menghargai karyawan-karyawannya yang akhirnya selalu loyal. Pantang menyerah dan yakin dengan usaha yang dikerjakan untuk menciptakan sesuatu yang besar dari yang awalnya kecil. 

"Kita bisa melihat masa depan sekarang hanya karena kita sepenuhnya memanfaatkan perubahan-perubahan yang terjadi.'' Hlm. 136 

Jack Ma memang sosok pebisnis yang menjadi panutan banyak orang. Dibalik kesuksesannya ada peran sang Ayah, Laifa Ma yang membuatnya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas. Walau harus gagal dua kali, namun sang Ayah tetap mendukungnya. 
 "Bersepeda belasan kilometer setiap hari membuatmu kelelahan seperti ini. Bagaimana mungkin kamu tidak bisa memberikan upaya yang sama untuk mencoba melamar ke universitas? Apakah itu memang lebih sulit daripada jarak berkilo-kilo meter yang harus kamu tempuh dengan sepedamu sekarang ini?'' Hlm. 9

Ucapan ayah Jack Ma yang membuat perubahan besaran dalam hidupnya. Lalu, sang Istri Zhang Ying yang selalu mendukungnya dalam kondisi apa pun. Zhang Ying tahu betul bahwa suaminya andal dalam menciptakan ide, dan berani menerapkannya dalam sebuah tindakan.  Ya, ide tanpa tindakan tidak akan menciptakan karya. 

Membaca biografi Jack Ma membuat pembaca menemukan kepercayaan diri. Percaya dengan setiap usaha yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang menjadi tujuan. Dengan tidak pantang menyerah akan selalu ada jalan dalam setiap kesulitan. 

Karir Jack Ma tidak serta merta melambung tinggi tanpa jatuh-bangun. Dalam bisnis dan hidup adalah sesuatu yang akan selalu terjadi dan cukup menjalaninya. Menghadapi setiap tantangan dan rintangan yang menghadang. 

Salah satu petuah Jack Ma adalah kita harus menemukan minat yang disukai, mengejarnya da menjadikan talenta. Sehingga, talenta tersebut akan memainkan peran paling penting dalam kesuksesan kita. 

Overall, buku ini sangat komplit mengupas perjalana Jack Ma. Terdapat juga pidato-pidato Jack Ma yang penuh makna. Membaca ini membuat tidak bosan dan sangat rekomendasi.  

Kunci untuk sebuah kesuksesan adalah tidak pernah menyerah. 
 
**** 


You Might Also Like

0 comments

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!

Goodreads Reading Challenge

2020 Reading Challenge

2020 Reading Challenge
Erin has read 2 books toward their goal of 30 books.
hide

GOODREADS

Erin 's books

More Than Words
The Secret of Ikigai: Rahasia Menemukan Kebahagiaan dan Umur Panjang Ala Orang Jepang
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Ya Aku Lari
Resilience: Remi's Rebellion
Senandung Talijiwo
Among the Pink Poppies
Peony's World
Agar suami tak mendua
Flashes of Life: 99 Cerita Hidup dan Kematian
Surat untuk Ruth
Absolute Justice
Cinderella Tanpa Sepatu Kaca
A List of Cages
Kirana & Happy Little World
Silence
The Sun Is Also a Star
What to Say Next
Listen to My Heartbeat
Binorrow: Tongkat Musa dan Tujuh Roh Boorne


Erin F's favorite books »